09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan singkat seputar olahraga bagi ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat642 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

panduan sederhana seputar olahraga untuk ibu hamil

Rutin berolahraga selama masa kehamilan memiliki banyak manfaat, sehingga tidak heran kalau pakar kesehatan sangat merekomendasikan aktivitas ini. Selain baik bagi kebugaran tubuh dan mental bunda, olahraga tepat secara teratur selama kehamilan memiliki manfaat bagi calon buah hati.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dokter di University of Montreal,  Kanada membuktikan bahwa berolahraga tertatur dapat mengoptimalkan perkembangan otak bayi yang dikandung. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kegiatan berolahraga aman bagi bunda dan janin.

Baca juga: 4 Langkah pertolongan saat si kecil luka bakar

Tips olahraga bagi ibu hamil

1. Konsultasikan dengan spesialis. Sempatkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai kegiatan olahraga yang akan bunda lakukan. Mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi khusus bunda dan janin dan tugas dokterlah untuk menginformasikannya pada bunda. Dokter juga akan memilihkan jenis olahraga yang ringan dan tidak membuat tubuh kaget. Bila bunda melakukan olahraga yang terlalu berat, dokter mungkin akan menyarankan bunda untuk menghentikannya selama kehamilan.

2. Lakukan olahraga ringan. Satu yang perlu diperhatikan, kondisi tubuh ibu hamil berbeda dengan sebelum hamil. Bila sebelum hamil bunda biasa melakukan olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra, gerak yang aktif, atau bahkan olahraga menantang, kini saatnya mengganti jenis olahraga tersebut. Olahraga-olahraga berat seperti basket, arung jeram, sepak bola, aerobik, dan beladiri sebaiknya dihindari selama kehamilan karena dapat mempengaruhi perkembangan janin, termasuk dapat memicu kontraksi. Sebagai gantinya, lakukan kegiatan-kagiatan ringan seperti yoga (terutama yoga khusus wanita hamil), pilates, berenang, atau sekedar berjalan-jalan santai dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

3. Perhatikan kondisi tubuh. Bila timbul masalah-masalah pada tubuh selama berolahraga, seperti terlalu lelah, ketidaknyamanan pada tubuh, bahkan rasa sakit, segera hentikan olahraga yang dilakukan. Olahraga yang bunda lakukan mungkin terlalu berat. Konsultasikan kegiatan olahraga yang bunda lakukan kepada dokter spesialis supaya bunda memperoleh saran yang tepat terkait kegiatan tersebut.

Baca juga: 5 Sumber makanan untuk kekebalan tubuh si kecil

Olahraga yang sebaiknya dihindari

1. Hindari olahraga yang beresiko menyebabkan jatuh. Kehamilan mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk koordinasi dan keseimbangan. Karena itu, hindari olahraga yang dilakukan di ketinggian atau sangat membutuhkan koordinasi yang baik sebab bisa meningkatkan resiko jatuh yang tentunya membahayakan bunda dan janin. Jenis-jenis olahraga seperti ski, basket, dan menunggang kuda sebaiknya dihindari selama kehamilan.

2. Hindari olahraga yang terlalu dinamis. Perubahan pada koordinasi dan keseimbangan juga membuat bunda sebaiknya tidak melakukan olahraga yang mengharuskan untuk melompat atau berbalik arah secara tiba-tiba. Olahraga-olahraga seperti senam lantai dan trampolin sebaiknya dihindari.

3. Hindari olahraga yang mengharuskan berbaring. Mendekati trimester kedua, bunda sebaiknya menghindari olahraga yang mengharuskan bunda berbaring telentang pada punggung. Ketika bunda berbaring terlentang, berat badan janin akan menekan sebagian pembuluh darah. Hal ini menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi lebih lambat.

Baca juga: Khasiat zat fitokimia dalam sayur untuk anak

4. Jaga suhu tubuh. Selama kehamilan, hindari olahraga yang menyebabkan bunda berkeringat terlalu banyak. Pasalnya, pada saat hamil suhu tubuh harus selalu dijaga supaya tidak terlalu tinggi. Bahkan, olahraga yang tergolong ringan juga harus dikurangi ketika cuaca sedang panas.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru