09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Pastikan ibu hamil mendapat 4 jenis suplemen ini

KategoriKehamilan
Di lihat2292 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah 4 jenis suplemen penting untuk ibu hamil

Mengkonsumsi beragam jenis makanan sehat nan bergizi sangat disarankan terutama saat bunda hamil. Nutrisi yang terkadung dalam menu harian bunda sebagian akan diserap si janin guna mendukung pertumbuhanya, inilah yang menyebabkan kebutuhan ibu hamil akan beberapa jenis nutrisi akan meningkat bila dibanding ibu yang sedang tidak hamil.

Dokter kandungan umumnya merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin. Suplemen ini diberikan untuk memastikan bunda dan si janin mendapatkan cukup nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Selain vitamin, suplemen kehamilan yang dibutuhkan bunda hamil termasuk DHA, folat, kalsium, yodium, dan zat besi.

Baca juga: Ini yang membuat si kecil susah makan

Jenis suplemen kehamilan

1. Asam folat

Folat adalah nama lain dari vitamin B9, beberapa jenis makanan yang mengandung folat diantaranya adalah kacang-kacangan, bayam, asparagus, alpukat, lettuce, brokoli, manga, jeruk, dan roti gandum. Folat dalam bentuk suplemen, namanya dikenal dengan asam folat.

Bagi perkembangan janin, folat diperlukan untuk mencegah cacat kelahiran terutama yang berdampak pada organ otak dan sumsum tulang belakang. Menurut para ahli, cacat pada bagian jaringan syaraf umumnya dapat terbentuk di 28 hari pertama setelah fertilisasi sel telur oleh sperma. Inilah sebababnya suplemen folat atau makanan kaya folat sebaiknya diberikan pada ibu yang sedang dalam program kehamilan.

2. Kalsium

Saat tubuh bayi berambah besar, kebutuhan kalsium untuk pembentukan tulang, si janin mengambil unsur kalsium dari bunda. Jika konsumsi kalsium bunda tidak ditambah maka beresiko membuat bunda kekurangan kalsium. Selain kalsium, Vitamin D juga penting khususnya ditrimester pertama, saat dimana tulang-tulang si kecil mulai bertambah besar dan kuat.

Baca juga: Tips aman di dapur bagi si buah hati

Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D termasuk diantaranya adalah susu beserta produk turunanya. Jika ibu hamil tidak mengkonsumsi susu atau jenis makanan kaya kalsium, sebaiknya mereka mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D.

3. Yodium

Unsur ini diperlukan untuk menjamin kesehatan kelenjar tiroid pada ibu hamil dan si kecil. Beberapa kelainan yang dapat muncul akibat defisiensi atau kekurangan yodium selama masa kehamilan diantaranya adalah gangguan pertumbuhan badan dan gangguan perkembangan mental. Selain mencegah gangguan pertumbuhan, yodium juga mendukung perkembangan otak si janin sekaligus melindungi bayi dari beberapa ancaman kesehatan tertentu yang bersumber dari lingkungan setelah mereka lahir nanti.

Suplemen dan makanan yang mengadung yodium juga direkomendasikan bagi ibu menyusui. Dalam makanan yodium banyak terkandung dalam rumput laut, ikan cod, garam beryodium, susu, udang, ikan tuna dalam kaleng, dan telur.

4. Zat besi

Ibu hamil termasuk janinnya memerlukan zat besi dalam jumlah cukup untuk mendukung beberapa proses penting dalam tubuhnya seperti: Sebagai komponen pembentuk hemoglobin, yaitu protein dalam darah yang bertanggung jawab mengikat dan mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh. Zat besi juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh dan pembentukan myoglobin, yaitu protein yang membantu mensuplai oksigen ke otot.

Baca juga: 7 Tips melatih ketajaman mata si kecil

Dalam makanan zat besi bayak ditemui dalam sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, daging sapi, ikan, dan ayam. Zat besi dari daging sapi dinyatakan sebagai sumber terbaik dari zat besi karena 3 kali lebih mudah diserap tubuh ibu hamil dibanding sumber-sumber lainya

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru