09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Pastikan makanan si kecil higienis dengan 7 langkah berikut ini

KategoriKesehatan
Di lihat365 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips agar makanan yang disajikan terjaga kehigienisanya

Makanan yang disajikan untuk si kecil, selain harus bergizi seimbang, juga harus higienis atau terbebas dari sumber penyakit. Mengkonsumsi makanan higienis dapat menurunkan resiko si kecil dari serangan bakteri dan virus berbahaya yang biasa mencemari makanan. Ayah bunda harus berhati-hati, banyak penyakit berat yang membahayakan si kecil dan bersumber dari makanan yang dikonsumsi. Menyediakan makana higienis bagi si kecil tidaklah sulit dan bunda tidak harus menjadi ahli sanitasi makanan, dengan pengetahuan dasar, siapapun dapat melakukanya.

Makanan yang tidak diproses dengan higienis dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme berbahaya yang ketika dimakan dapat menimbulkan penyakit tertentu termasuk keracunan. Tingkat sanitasi makanan untuk si kecil termasuk untuk ayah bunda, dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah pemilihan bahan baku makanan, penyiapan, pengolahan, penyajian serta penyimpanan bahan makanan.

Bahaya mengkonsumsi makanan yang tidak higienis

Jika bahan makanan tidak di proses dengan baik, rasiko tercemar bakteri atau virus berbahaya sangat besar. Makanan yang tercemar bakteri beresiko menimbulkan keracunan yang biasanya ditandai dengan tanda-tanda: perut mual, muntah, pusing, dan diare. Keracunan makanan akut yang tidak ditangani segera dapat menyebabkan kematian.

Ada pemahaman yang kurang tepat dimasyarakat bahwa makanan yang dimasak selalu aman dari bahaya bakteri. Hal ini tidak sepenuhnya benar, jika bakteri yang mencemari makanan telah menghasilkan racun, belum tentu racunnya akan hilang karena proses pengolahan makanan. Proses pemanasan makanan hanya akan membuhun bakteri tapi belum tentu menghilangkan racunnya.

Beberapa penyakit berat seperti thypus atau tipes terjadi karena infeksi bakteri yang bernama Salmonella thyposa. Jenis bakteri ini banyak terdapat di tanah dan air kotor. Bakteri lain yang sering mencemari makanan adalah Escercia coli yang dapat memicu penyakit muntaber.

Tips agar makanan yang disajikan terjaga kehigienisanya

1. Pastikan bunda hanya memilih bahan baku makanan yang segar dan masih bagus. Jangan sekali-sekali menggunakan bahan yang sudah basi, berjamur, berubah aroma dan warnanya atau sudah kadaluarsa. Jika bunda membeli daging ayam, ikan, atau sapi, pilih yang masih segar.

2. Cuci bahan makanan seperti sayur, buah, dan daging dalam air bersih yang mengalir. Khusus buah dan sayur, sekarang sudah tersedia sabun cuci yang bisa dipakain untuk membersihkan buah dan sayur. Pastikan pula bunda menggunakan alat masak yang bersih.

3. Masak makanan secara sempurna. Hindari memberikan makanan setengah matang, terutama telur dan daging pada si kecil. Telur dapat menjadi media pertumbuhan bakteri Salmonella, sehingga pastikan dimasak sempurna sebelum diberikan pada si kecil.

4. Pastikan bunda mencuci tangan menggunakan sabun setelah mempersiapkan bahan makanan mentah dan setelah selesai masak. Sebagian besar bakteri dan virus dapat dihilangkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

5. Sajikan hasil masakan dalam tempat bersih dan simpan di tempat tertutup. Hati-hati dengan lalat, cicak, tikus, dan kecoa karena dapat menjadi perantara tercemarnya makanan oleh bakteri atau virus berbahaya.

6. Jika bunda menyimpan makanan dalam lemari es, simpan dalam kemasan tertutup. Daerah cooler dalam lemari es  yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat tumbuh bakteri. Jika makanan yang disimpat tidak tertutup, dikhawatirkan dapat tercemar oleh bakteri dari lemari pendingin.

7. Gunakan pisau bersih untuk memotong bahan makanan jadi seperti kue atau pudding. Jika tidak yakin, cuci dulu menggunakan sabun.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru