09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Penanganan medis saat ibu hamil terkena toxoplasmosis

KategoriKehamilan
Di lihat4403 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tindakan medis saat bunda hamil dan si janin terinfeksi toxoplasma

Saat ibu hamil diduga mengalami toxoplasmosis, dokter akan melakukan beberapa uji laboratorium terhadap sampel darah mereka. Ketika hasilnya dinyatakan positif, dokter mungkin akan meresepkan jenis antibiotik yang berperan untuk menurunkan resiko perpindahan infeksi dari tubuh bunda ke janin.

Untuk mendeteksi keberadaan parasit pada janin, biasanya dokter akan memeriksa cairan ketuban melalui tes di laboratorium. Perkembangan fisik janin selama dalam masa kandungan akan diperiksa secara berkala menggunakan alat USG.

Baca juga: Waspada penyebab sembelit pada bayi

Jika janin positif toxoplasmosis

Dampak yang ditimbulkan akibat infeksi toxoplasma pada janin dipengaruhi oleh lamanya infeksi menyerang si janin. Jika hasil tes cairan ketuban meyatakan bayi positif terkena infeksi ini, dokter akan menggabungkan hasil pemeriksaan USG untuk mengambil tindakan selanjutnya.

Biasanya dokter akan meresepkan obet jenis lain dari kelompok antibiotik untuk dikonsumsi bunda di awal trimester kedua. Tujuan pemberian obat ini untuk menurunkan resiko kerusakan jaringan si janin akibat infeksi. Infeksi toxoplasma pada jaringan syaraf janin dapat menyebabkan gangguan fungsi kerja otak seperti keterlambatan pertumbuhan mental atau gerak si kecil, dan epilepsi saat mereka besar nanti.

Infeksi toxoplasma juga dapat menyerag bagian lain dari janin misalnya mata yang dapat mengakibatkan gangguan penglihatan atau bahkan dalam beberapa kasus menimbulkan kebutaan saat mereka lahir.

Baca juga: Panduan membuat makanan bayi dirumah

Jika si kecil yang lahir teridentifikasi toxoplasmosis

Sebagian bayi yang terlahir dengan toxoplasmosis dapat menunjukan gejala-gejala khusus seperti pembengkakan organ hati serta munculnya gejala penyakit kuning, pembengkakan ginjal, kulit memerah, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nampak gejala infeksi pada organ jantung dan paru-paru.

Jika hasil laboratorium menunjukan si kecil terinfeksi toxoplasma, biasanya ia harus melewati pengobatan antibiotik tertentu selama kurang lebih satu tahun, meski gejala-gejalanya sudah tidak nampak. Pemeriksaan khusus pada organ pendengaran dan penglihatan akan dilakukan untuk memastikan fungsi kerjanya.

Beberapa penelitian menyatakan, meski pengobatan setelah si kecil lahir tidak dapat mengembalikan kerusakan jaringan akibat infeksi toxoplasma, setidaknya penanganan medis tersebut dapat menurunkan resiko mereka terkena gangguan kesehatan lain saat usia mereka menginjak anak-anak atau remaja.

Sekilas tentang toxoplasmosis

Baca juga: Sumber protein nabati terbaik untuk anak

Toxoplasmosis adalah jenis gangguan kesehatan yang dapat menyerang siapa saja dan disebabkan oleh jasad renik yang bernama toxoplasma gondii. Pada orang dewasa yang memiliki imunitas bagus, sering kali gejala penyakit ini tidak terlalu berdampak. Infeksi yang terjadi pada ibu hamil harus ditangani secara serius karena berpotensi dapat ditularkan pada janin melalui plasenta, dan saat infeksi ini menyerang janin, dampak kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat membahayakan janin.

Pada kasus yang khusus yang terlambat ditangani secara medis, infeksi toxoplasma dapat mengakibatkan kematian janin, cacat fisik dan mental, serta gangguan penyaki lainya yang muncul saat mereka mulai beranjak dewasa.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru