09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Penyebab dan cara mengatasi rambut pitak pada bayi

KategoriBayi
Di lihat1622 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

penyebab rambut pitak pada bayi dan cara mengatasinya

Menurut situs babycenter.com, rambut rontok pada bayi yang baru lahir umumnya tidak perlu dikhawatirkan terlebih saat kulit kepala si kecil nampak sehat. Sering kali rambut si kecil mulai rontok di enam bulan pertama dan para ahli menyebut kondisi ini sebagai telogen effluvium.

Secara umum rambut manusia memiliki dua fase pertumbuhan yaitu tahap perkembangan dan tahap rehat. Tahap pertumbuhan berlangsung selama kurang lebih 3 tahun dan tahap rehat selama kurang lebih 3 bulan. Pada saat rambut berada pada fase rehat, rambut tetap menempati folikel sampai rambut baru tumbuh.

Baca juga: Rumus pendeteksi obesitas pada anak

Penyebab rambut pitak pada bayi

Sekitar 5 sampai 15 persen rambut yang tumbuh dikepala kita berada pada tahap rehat , beberapa kondisi seperti demam tinggi, stress berkepanjangan, dan perubahan hormonal dalam tubuh dapat memicu rontoknya rambut tersebut. Si kecil yang baru lahir umumnya mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuhnya, dan inilah yang sering kali memicu rontoknya rambut mereka.

Jika rambut si kecil nampak tidak rata, alias mengalami pitak dibeberapa bagian, coba perhatikan bagaimana posisi tidurnya. Posisi tidur yang cenderung tidak berubah-ubah dapat memicu kerontokan diarea kontak antara rambut si kecil dan bantal atau kasur. Daerah pitak juga dapat terbentuk saat bagian kepala bayi sering bergesekan dengan tempat tidur si kecil.

Selain perubahan hormonal, ada beberapa hal lain yang meski jarang ditemui, dapat memicu kerontokan rambut pada bayi bunda yaitu:

Baca juga: Waspada overdosis asetaminopen pada anak !

  1. Infeksi jamur. Beberapa jenis jamur yang menyerang kulit kepala si kecil dapat mengakibatkan rontoknya rambut mereka. Gejala khas yang sering muncul saat mereka terserang jenis jamur ini adalah daerah pitak disertai dengan kulit kepala yang kemerahan dan terkadang nampak bersisik.
  2. Kondisi medis tertentu. Termasuk diantaranya adalah kelainan pada kelenjar tiroid (hypothyroidism) dapat memicu kerontokan rambut bayi.
  3. Ikat rambut. Pengunaan ikat rambut yang terlalu ketat dan sering pada anak dibawah 12 bulan juga dapat memicu rontoknya rambut dibeberapa tempat dimana rambut sering diikat. Kerontokan juga dapat terjadi saat secara tidak disengaja si kecil menjambak rambutnya sendiri.
  4. Gangguan imunitas. Jika si kecil mengalami pitak dengan bentuk lingkaran-lingkaran dengan batas tegas, ada kemungkinan si kecil mengalami kondisi yang disebut dengan alopecia areata, yaitu kondisi dimana sistem imunitas mereka menyerang folikel rambut, yang mengakibatkan kerontokan dan penurunan drastis dari pertumbuhan rambut.

Penanganan rambut rontok pada bayi

Jika penyebab rambut rontok si secil dipicu oleh perubahan hormonal, tidak ada yang bisa ayah bunda lakukan kecuali menunggu rambut mereka tumbuh kembali. Jika diduga kerontokan disebabkan oleh posisi tidur yang jarang berubah, coba untuk memvariasikan posisi tidur si kecil saat mereka tidur siang atau malam.

Jika bunda tidak yakin dengan kondisi mereka, ayah bunda dapat membawa mereka ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjut, khususnya saat bayi bunda mulai menginjak usia 6 bulan atau lebih. Meski rambut rontok adalah hal yang lumrah pada bayi, tidak ada salahnya jika bunda berkunjung ke dokter untuk memastikan bahwa si buah hati tidak mengalami gangguan medis tertentu.

Baca juga: 5 Tips agar si kecil terbiasa tidur siang

Saat si kecil didiagnosa terinfeksi jamur, dokter biasanya akan meresepkan obat anti jamur berupa salep yang diaplikasikan langsung pada kulit kepala yang terinfeksi, namun jika dokter menduga si kecil mengalami kondisi alopecia areata, dokter anak mungkin akan merujuk si kecil untuk mengunjungi dokter penyakit kulit untuk diperiksa lebih lanjut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru