09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat4910 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Pada orang dewasa termasuk ayah bunda, sekitar 90 persen rambut mengalami pertumbuhan sementara sisanya yang 10 persen mengalami fase dorman. Setiap 2-3 bulan rambut yang dorman ini akan rontok kemudian akan digantikan dengan rambut baru. Ada satu kondisi yang disebut dengan istilah Telogen effluvium, yang menyebabkan kerontokan masif dari rambut ibu hamil, dan umumnya terjadi saat usia kehamilan menginjak 4 sampai 20 pekan.

Baca juga: Tips meredakan nyeri saat menyusui

Menurut situs Mayoclinic.org, Telogen effluvium terjadi pada 40-50 wanita dewasa namun ibu hamil nampaknya lebih rentan terhadap kondisi ini. Para ahli menyatakan bahwa kerontokan rambut ini bersifat temporer dan akan kembali normal setelah beberapa waktu.

Kerontokan rambut pada ibu hamil

Puncak dari kerontokan rambut pada ibu hamil umumnya terjadi setelah proses persalinan. Selama masa kehamilan, persentase rambut yang memasuki fase dorman meningkat sehingga jumlah rambut yang rontokpun meningkat. Umumnya kondisi ini tidak sampai menimbulkan kondisi serius atau kebotakan. Rambut akan kembali ke siklus normal setelah 3-4 bulan setelah proses persalinan.

Penyebab lain kerontokan rambut

Pada wanita dewasa, kerontokan rambut dapat dipicu oleh perubahan level keseimbangan hormon estrogen, sehingga hal-hal yang merubah keseimbangan hormon tersebut secara tidak langsung dapat memicu kerontokan rambut. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Menghentikan konsumsi pil KB
  • Keguguran
  • Aborsi
  • Kelainan yang menyebabkan tidak seimbangnya hormone dalam tubuh

Baca juga: Tips agar ASI keluar banyak

Tips merawat rambut selama kehamilan

Saat seorang ibu hamil, level estrogennya akan meningkat. Salah satu dampak positif dari tingginya level estrogen adalah  rambut tetap dalam fase tumbuh sehingga umumnya saat kehamilan, kondisi rambut akan tampak lebih sehat. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dalam rangka menjaga dan merawat rambutnya agar tetap sehat selama masa kehamilan dan mengurangi rambut rontok setelah persalinan:

  • Kurangi mengepang dan mengikat rambut karena dapat membuat rambut mudah rontok.
  • Pastikan ibu hamil mengkonsumsi sayur dan buah-buahan segar yang kaya akan antioksidan dan flavonoids. Kandungan antioxidant dipercaya mampu melindungi dan memperkuat akar rambut.
  • Pilih dan gunakan sampo plus pelembab rambut yang mengandung komponen biotin dan silica.
  • Batasi penggunaan alat-alat kecantikan rambut seperti hairdyer dan setrika rambut.
  • Perlakukan rambut dengan hati-hati terutama saat dalam keadaan basah. Saat basah rambut menjadi lebih rentan mengalami kerusakan,hindari penggunaan sisir rapat saat rambut basah.
  • Jika diperlukan, ibu hamil dapat mengkonsumsi suplemen vitamin yang mengandung vitamin B komplek, vitamin C, Biotin, vitamin E, dan unsur zinc

Baca juga: Manfaat sehat menyusui bagi bunda

Kapan harus menemui dokter?

Bila kerontokan rambut cukup menhawatirkan, ibu hamil dapat menemui dokter untuk mendapatkan saran profesional. ibu hamil juga bisa berkonsultasi dengan ahli jika kerontokan disertai dengan iritasi, gatal yang sangat mengganggu,  dan nampak kemerahan di daerah kulit kepada.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru