09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Penyebab gatal-gatal selama hamil dan tips mengatasinya

KategoriKehamilan
Di lihat2151 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi gatal-gatal selama kehamilan

Sebagian wanita mengalami gatal-gatal selama kehamilan yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya reaksi alergi dari makanan, obat-obatan, zat kimia tertentu, dan gigitan serangga. Terjadinya perubahan hormonal selama masa kehamilan menyebabkan tubuh bunda menjadi lebih sensitif terhadap zat patogen. Karenanya, gatal-gatal pun terjadi meskipun sebelum kehamilan bunda tidak memiliki masalah dengannya.

Baca juga: Info seputar gigi permanen si kecil

Penyebab gatal-gatal selama kehamilan

Umumnya gatal-gatal pada masa kehamilan disebabkan oleh reaksi alergi. Kulit yang meregang dan kering selama kehamilan menyebabkannya rentan terserang gatal-gatal bila terkena zat-zat penyebab alergi. Beberapa penyebab alergi, antara lain:

  • Obat-obatan
  • Zat kimia
  • Gigitan serangga
  • Pollen
  • Makanan

Gatal gatal bisa dipicu oleh tekanan pada kulit, stres, atau kulit yang digaruk. Karena itu, sangatlah penting untuk merawat kulit demi menghindari memburuknya gatal-gatal selama kehamilan.

Gangguan kulit lain yang bisa terjadi selama kehamilan adalah kolestasis. Kolestasis adalah gatal-gatal pada kulit yang disertai mual, muntah, dan bisa juga disertai jaundice (sakit kuning). Kolestasis mengindikasikan gangguan pada organ hati dan membutuhkan perawatan medis khusus.

Baca juga: Tips mencegah serangan asma pada balita

Pruritic Urticarial Papules and Plagues (PPUP)

Pruritic Urticarial Papules and Plagues (PPUP) adalah gangguan kulit yang terjadi pada 1 dari 150 wanita hamil. Gangguan ini biasanya ditandai menyebarnya bercak-bercak kemerahan pada kulit. Bercak-bercak tersebut biasanya muncul dari daerah perut, namun bisa juga tampak pada bagian tangan dan kaki dan menimbulkan rasa gatal yang sangat. PPUP sering dihubungkan dengan faktor genetis (menurun), namun penyebab pastinya masih belum diketahui. Biasanya, PPUP terjadi pada kehamilan pertama dan jarang ditemukan terjadi pada kehamilan-kehamilan selanjutnya.

Mengatasi gatal-gatal selama kehamilan

Ruam atau kemerahan pada kulit yang disertai rasa gatal biasanya akan hilang dengan sendirinya. Hindari penggunan sabun di area yang gatal karena dapat memperparah rasa kondisinya. Untuk mengurangi rasa gatal, bunda bisa mencampurkan baking soda atau oatmeal pada air mandi. Disamping itu, selalu jaga kelembaban kulit untuk mencegah timbulnya rasa gatal akibat kulit kering. Bila bunda merasa sangat terganggu dengan gatal-gatal selama masa kehamilan, berkonsultasilah dengan dokter untuk memperoleh penanganan medis yang lebih lanjut.

Mencegah gatal-gatal selama kehamilan

Jika sebelum kehamilan bunda memang cenderung sering mengalami gatal-gatal, maka cara yang paling efektif adalah dengan menghindari zat-zat yang bisa memicu alergi. Bila gatal-gatal yang terjadi adalah pengaruh dari kehamilan, maka bunda bisa menggunakan cara-cara dibawah ini untuk mengurangi terjadinya gatal-gatal.

Baca juga: Tips mencegah gigi keropos pada anak balita

  • Hindari mandi dengan air yang terlalu panas selama masa kehamilan.
  • Hindari penggunaan pakaian yang menempel ketat pada kulit.
  • Usahakan untuk tidak menggaruk bila kulit terasa gatal.
  • Hindarkan kulit dari tekanan.
  • Hindari stres dan lakukan teknik-teknik relaksasi.

Hal-hal di atas mungkin tidak bisa mencegah gatal-gatal sama sekali, namun bisa membuat gatal-gatal lebih jarang muncul dan mudah untuk mereda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru