09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Peran penting suami saat mendampingi kehamilan istri

KategoriKehamilan
Di lihat513 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apakah peran utama suami saat istri memasuki usia kehamilan?

Saat seseorang menjadi seorang ayah untuk kali pertama biasanya merasa senang sekaligus tegang. Begitu banyak hal baru yang ditemui seorang calon ayah sejak masa kehamilan pasanganya hingga hari persalinan tiba. Ayah mungkin merasa khawatir dengan peran barunya, namun semua perasaan itu tidak masalah, semua calon ayah pasti pernah merasakannya.

Baca juga: Solusi sakit puting saat menyusui

Cari informasi sebanyak-banyaknya

Sambil menghadapi 9 bulan masa kehamilan bunda, ayah bisa melakukan persiapan dengan banyak-banyak mencari referensi bacaan, misalnya dari buku, website, majalah, dan sebagainya. Info-info seputar parenting dan “bagaimana menjadi seorang ayah baru” pasti akan sangat berguna dalam memberikan kita wawasan tentang apa yang mungkin terjadi selama proses kehamilan dan setelah si bayi lahir. Seorang ibu baru tidak akan secara ajaib mengetahui segala hal tentang kehamilan dan mengasuh si kecil. Karena itu, akan sangat membantu bila kita bisa menginformasikan hal-hal yang perlu diketahui oleh istri yang sedang hamil.

Selain melalui bacaan, ayah juga bisa mengumpulkan informasi dengan cara bertanya kepada teman atau keluarga yang lebih berpengalaman. Tidak semua masalah bisa terangkum dalam sebuah buku dan pengalaman orang lain bisa juga menjadi referensi yang bagus. Hal ini tidak hanya berlaku di awal masa kehamilan. Mencari informasi sebanyak-banyaknya juga sangat penting dilakukan sepanjang masa kehamilan. Janganlah merasa bosan bila harus mengantar bunda ke kelas yoga khusus ibu hamil, kelas renang, atau lainnya karena hal ini juga merupakan kesempatan untuk menggali informasi. Percakapan dengan ayah-ayah lain selama menunggu sang istri berkegiatan bisa membuka wawasan kita.

Baca juga: 6 Tips menjaga produksi air susu ibu

Dampingi kehamilan bunda

Setelah informasi terkumpul, sekarang saatnya beraksi. Masa kehamilan adalah masa yang tidak mudah untuk dilewati dan ibu hamil sangatlah membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya untuk dapat melaluinya. Selain berbagai keluhan fisik, perubahan hormon juga membuat emosi ibu hamil menjadi labil. Aksi-aksi kecil dari ayah, seperti membuatkan secangkir teh, memijat,  atau sekali-kali memasak untuk berdua akan membantu si ibu merasa lebih baik.

Masalah yang sering muncul, terutama pada trimester awal kehamilan adalah morning sickness. Gangguan ini sering ditandai mual dan muntah dan bisa dipicu oleh bau-bauan. Karena itu, hindari memakan makanan berbau menyengat di dekat wanita hamil. Sedikit tips, bawakanlah roti panggang kering ke tempat tidur ketika bunda baru bangun di pagi hari. Makanan kaya karbohidrat yang tidak berbau semacam ini efektif untuk meredakan rasa mual dan pusing yang biasa muncul di pagi hari akibat morning sickness.

Baca juga: Tips menunda kehamilan dengan menyusui

Seringkali pula, wanita hamil merasa cemas tentang perubahan bentuk tubuhnya karena hamil. Untuk itu, janganlah ragu untuk memuji penampilan bunda kapanpun ada kesempatan. Ayah juga bisa memberikan hadiah-hadiah kecil. Perhatian-perhatian semacam ini akan membuat bunda merasa mendapatkan dukungan.

Jadi, sudah siapkah ayah menjadi ayah baru? Awalnya mungkin berat, karena kehamilan bunda mungkin juga mengharuskan para ayah mengorbankan waktu yang biasa digunakan untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan. Akan tetapi, ingatlah bahwa hal ini sangatlah penting bagi “calon buah hati” dan bisa menjadi hadiah yang tak ternilai bagi pasangan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru