09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Perangkat penting untuk mendukung pertumbuhan gigi bayi

KategoriParenting
Di lihat2185 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

beberapa hal sederhana ini dapat redakan sakit gigi pada bayi

Bagi sebagian bayi, proses tumbuh gigi mungkin berjalan lancar tanpa hambatan atau rasa sakit yang membuat mereka lebih rewel. Namun, pada beberapa bayi yang lain dampak tumbuh gigi bisa jadi lebih kompleks sehingga merekapun menjadi lebih gelisah dan rewel.

Ayah bunda memang tidak bisa mempercepat proses tumbuh gigi si buah hati, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan trauma rasa sakit pada gusi si kecil. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Baca juga: Bahaya asap rokok bagi balita bunda

1. Teething ring. Teething ring adalah cincin yang terbuat dari plastik atau karet yang biasanya digunakan pada saat bayi tumbuh gigi. Kita bisa memberikan teething ring yang bersih dan sudah didinginkan di lemari es untuk digigit-gigit oleh si kecil. Alat ini mengurangi mengurangi rasa sakit akibat tumbuh gigi untuk beberapa waktu. Bila tidak ada teething ring ayah bunda dapat memberikan kain yang telah dibasahi dan didinginkan di lemari es untuk gigit-gigit si kecil.

2. Teething gel. Teething gel mengandung anastesi lokal yang digunakan pada gusi bayi ketika tumbuh gigi. Area yang diberi teething gel akan ‘membeku’ untuk beberapa saat sehingga tidak terasa sakit. Pilih teething gel yang tidak mengandung gula dan alkohol. Hindari pula teething gel yang mengandung salisilat karena bisa mengganggu kesehatan bayi. Pastikan untuk tidak menggunakan teething gel sebelum waktu menyusui karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi kamampuan bayi untuk menghisap air susu. Hubungi dokter anak untuk memperoleh saran mengenai penggunaan teething gel. Merek apa pun yang anda gunakan, selalu ingat untuk mengikuti aturan pemakaian pada kemasan dan jangan menggunakannya secara berlebihan.

Baca juga: 7 Jenis makanan ajaib bagi si buah hati

3. Obat penghilang rasa sakit. Bila si kecil merasa sangat kesakitan sehingga mempengaruhi pola tidur atau minum ASI-nya, temui dokter untukpenanganan lanjut. Umumnya dokter akan meresepkan obat penghilang rasa sakit yang sesuai untuk bayi. Hati-hati dalam pemberian obat baik dalam hal jenis obat dan dosis, selalu konsultasikan dengan dokter anak sebelum ayah bunda memberikan obat pada si kecil.

4. Pijatan lembut pada gusi. Penyebab ketidaknyamanan si kecil pada saat tumbuh gigi adalah gusinya yang sakit dan bengkak. Gusi yang sakit dan bengkak disebabkan oleh tekanan dari gigi di bawahnya. Sesekali, gunakan telunjuk tangan bunda yang sudah dicuci bersih untuk menggosok dengan lembut gusi bayi. Tindakan sederhana ini dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakannya.

Kapan gigi bayi perlu disikat?

Sebagaimana gigi orang dewasa, gigi bayi juga harus dirawat sedini mungkin. Gigi bayi perlu dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi khusus bayi yang memiliki bulu sikat yang lembut. Gunakan sikat gigi dengan kepala sikat kecil dan gagang sikat yang panjang supaya sikat lebih mudah untuk dipegang dan diarahkan. Pegang bayi pada pangkuan ayah atau bunda dan sikat gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar. Terkadang, kita perlu mengangkat bibir bayi sedikit dengan lembut untuk menjangkau bagian atas gigi yang bersentuhan dengan gusi. Bagian inilah yang biasa ditumbuhi plak atau karang gigi.

Baca juga: Tips menurunkan demam anak secara alami

Bila menggunakan sikat gigi terlalu sulit, gantilah sikat dengan kain lembut yang bersih untuk menggosok gigi dan gusi bayi secara perlahan. Jangan dulu menggunakan pasta gigi pada usia ini. Gosoklah gigi hanya dengan air dulu. Pasta gigi baru boleh digunakan ketika si kecil telah menginjak usia 18 bulan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru