09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Perbedaan antara alergi dan intoleransi makanan

KategoriBayi
Di lihat731 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

perbedaan alergi dan intoleransi makanan pada bayi

Bila si kecil memiliki alergi baik itu terhadap jenis makanan tertentu, sistem imun tubuhnya akan bereaksi seakan makanan tertentu adalah benda asing yang membahayakan tubuh. Bila hal ini terjadi tubuh si kecil akan melepaskan zat-zat kimia, seperti histamin, sehingga memicu gejala alergi.

Disisi lain, sensitivitas atau intoleransi makanan dapat terjadi ketika tubuh tidak bisa mencerna secara sempurna jenis makanan tertentu. Misalnya jika si buah hati mengalami intoleransi laktosa, mereka tidak bisa menghasilkan ennzim yang mencerna laktosa sehingga muncul lah gejala-gejala intoleransi.

Baca juga: Inilah bahaya asap rokok bagi si kecil

Perbedaan mendasar antara intoleransi dan alergi, pada kasus intoleransi tidak melibatkan reaksi alergi seperti yang terjadi pada kasus alergi makanan. Kasus-kasus intoleransi makanan umumnya menyebabkan bayi merasa tidak sehat dan tidak nyaman.

Gejala alergi makanan pada bayi

  • Reaksi pada kulit, seperti bercak kemerahan, ruam, atau gatal-gatal.
  • Gatal pada mulut atau mata, atau hidung tersumbat.
  • Bengkak pada wajah, termasuk pada kelopak mata, bibir, dan lidah. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bernafas. Bila hal ini terjadi, ayah dan bunda sebaiknya mencari pertolongan medis secepatnya.
  • Muntah, sakit perut, atau diare.
  • Mengalami anaphylactic shock. Reaksi ini bisa sangat membahayakan. Bila ayah dan bunda menemukan si kecil batuk, mengi, sesak nafas akut, mungkin ia mengalami reaksi ini, segera bawa si kecil ke rumah sakit terdekat.

Gejala alergi umumnya muncul dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan penyebab alergi. Makanan yang paling umum menyebabkan alergi antara lain susu sapi, telur, ikan, kerang, kacang, kedelai, dan gandum.

Baca juga: Makanan sumber zat besi terbaik untuk anak

Alergi makanan bisa diturunkan

Bila keluarga ayah bunda memiliki riwayat alergi, maka biasanya resiko si kecil mengidap alergi pun menjadi lebih besar. Berikut ini adalah cara mengenalkan makanan pada si kecil bila ia beresiko alergi.

  • Alergi secara umum. Bila keluarga memiliki riwayat alergi, tunggulah hingga si kecil berusia 12 bulan untuk mengenalkannya pada makanan-makanan yang bisa menyebabkan alergi seperti yogurth, es krim, keju, ikan, dan gandum.
  • Alergi kacang tanah. Reaksi alergi pada kacang bisa berdampak fatal. Bila keluarga ayah bunda memiliki riwayat alergi kacang tanah, sebaiknya jangan kenalkan kacang tanah sebelum si kecil berusia 3 tahun

Gejala intoleransi makanan

  • Konstipasi, sakit perut, atau diare

Reaksi di atas akan muncul dalam beberapa hari, karenanya penting untuk mengenalkan 1 jenis makanan saja dalam beberapa hari pada si kecil, sambil mengamati apakah ada reaksi negatif dari tubuhnya. Makanan-makanan yang paling umum menyebabkan intoleransi antara lain buah-buahan berasa asam (strawberry, jeruk, dan tomat), produk susu (susu, keju, dan yogurth), telur, dan bahan aditif seperti MSG.

Menangani alergi dan intoleransi makanan

Alergi dan intoleransi makanan tidak dapat disembuhkan, namun bisa berkurang seiring pertumbuhan si kecil. Untuk menghindari akibat buruk dari alergi dan intoleransi makan, cara berikut bisa dilakukan:

Baca juga: Tips mengatasi mimisan pada anak

  • Apabila si kecil mengalami salah satu diantara alergi atau intoleransi, kenali apa yang memicu reaksinya kemudian pastikkan ayah bunda untuk menjauhkan beragam penyebab alergi atau intoleransi tersebut.
  • Hati-hati saat makan di luar. Telitilah bahan makanan yang dibeli, supaya terhindar dari bahan makanan yang bisa menyebabkan alergi atau intoleransi makanan. Restoran yang baik biasanya dengan senang hati memberi informasi mengenai bahan dari makanan yang dijual.
  • Bila bayi kita mengidap alergi, pastikan kita tahu apa yang harus dilakukan bila gejala alergi muncul. Hubungi dokter untuk mendapatkan saran dalam hal penanganan alergi. Beri tahukan pula cara menangani alergi si kecil kepada orang-orang yang bertanggung jawab mengasuh si kecil.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru