09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Perlukah ke dokter bila si kecil benjol akibat benturan?

KategoriKesehatan
Di lihat2895 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

merawat luka benjol pada kepala anak akibat benturan

Benjol atau lecet yang ringan akibat benturan adalah normal pada masa pertumbuhan anak-anak. Hal ini adalah bagian dari perkembangannya dalam mengeksplor dunia di sekitarnya. Benjol atau lecet ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

Benjolan atau lecet ringan di kepala umumnya tidak perlu dirisaukan karena kepala terlindung oleh tulang tengkorak yang kuat. Untuk meredakan benjol di kepala, kompres bagian yang benjol dengan es batu yang dibungkus oleh handuk tipis. Lakukan pengompresan beberapa kali dalam 1 jam, masing-masing 2 hingga 5 menit.

Baca juga: Tips agar si kecil tak stress di Rumah Sakit

Untuk menenangkan dan mengalihkan si kecil dari rasa sakit dan dingin akibat dikompres, bunda bisa menyusuinya atau memberikannya susu formula. Bila si kecil tampak merasa amat terganggu dengan benjolan tersebut, hubungi dokter untuk memperoleh resep obat-obatan pengurang rasa sakit yang aman bagi bayi dan balita. Jangan sembarangan memberi obat kepada si kecil karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain di kemudian hari.

Kapan harus membawa si kecil ke dokter?

Pada beberapa kasus bila benturan yang terjadi sangat keras, si kecil bisa mengalami gegar otak. Mengetahui gejala gegar otak sangatlah penting supaya si kecil bisa segera memperoleh penanganan yang tepat dari ahlinya. Segera bawa si kecil ke dokter atau rumah sakit terdekat bila hal-hal di bawah ini terjadi:

Baca juga: Cara melatih kemampuan intelektual anak

  • Si kecil hilang kesadaran walaupun hanya sebentar.
  • Pendarahan di kepala tidak berhenti setelah dilakukan penekanan selama 5 menit. Bila kepala si kecil terluka, biasanya darah yang keluar memang banyak karena disana terdapat banyak pembuluh darah. Akan tetapi, bila darah tidak berhenti dalam 5 menit, segera bawa si kecil ke dokter karena luka tersebut mungkin perlu dijahit.
  • Telingan atau hidung si kecil mengeluarkan darah atau cairan berwarna merah muda.
  • Si kecil mengalami kejang.

Gejala darurat akibat benturan keras dikepala si kecil

Amati perkembangan si kecil selama satu atau dua hari. Bila hal-hal berikut terjadi, bawa kembali si kecil ke dokter atau rumah sakit karena ia mungkin memerlukan perawatan khusus.

1. Muntah terus menerus. Bila muntah hanya terjadi sekali, hal ini mungkin adalah respon tubuh stelah terjadi benturan keras. Bila ia terjadi 2 atau tiga kali sebaiknya bunda segera menghubungi dokter.

Baca juga: Tips gampang memilih pakaian si buah hati

2. Tidur yang terlalu dalam. Jatuh atau terbentur memang mungkin membuat si kecil pusing dan lemas. Akan tetapi, bila kita tidak dapat membangunkannya setelah ia tertidur hal ini mungkin merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

3. Gangguan pada kemampuan motorik si kecil. Gangguan pada cara si kecil berjalan, duduk (tidak dapat duduk dengan seimbang), atau merangkak tidak boleh diremehkan. Hal ini mungkin adalah tanda dari gangguan yang serius. Hubungi dokter segera bila hal ini terjadi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru