09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Perlukah membangunkan bayi untuk memberikan ASI?

KategoriParenting
Di lihat1023 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

perlukah membangunkan bayi untuk minum ASI

Apakah harus membangunkan sikecil yang sedang terlelap untuk minum ASI? Menurut para ahli, jawabannya tergantung dari usia, berat dan konsisi kesehatan si bayi itu sendiri. Mayoritas bayi yang baru lahir akan kehilangan berat badanya dalam beberapa hari pasca kelahirannya, sampai berat si bayi kembali normal, yang biasanya memerlukan waktu satu sampai dua pekan setelah kelahiran, sangat penting bagi Bunda untuk memberikan ASI sesering mungkin.

Pada kondisi ini, jika diperlukan Bunda harus membangunkan sikecil untuk mimi ASI, teruama jika bayi Bunda tertidur cukup lama. Bayi yang baru lahir biasanya menghabiskan lebih dari empat jam per sesi untuk tidur. Jika kondisi berat badan sikecil sudah nampak ada kenaikan dan sesuai dengan berat standar per usianya, tidak terlalu bermasalah jika Bunda menunggu sikecil terbangun untuk memberikan ASI.

Menurut ahli tumbuh kembang anak, rata-rata bayi minum ASI sebanyak delapan sampai 12 kali per hari, atau setiap satu sampai tiga jam. Meski membangunkan sikecil membuat dia menangis, pada awal-awal pasca kehamilan memberikan ASI sesering mungkin akan mempercepat kenaikan berat badannya. Disamping itu, pemberian ASI pada sikecil dapat merangsang peningkatkan produksi ASI Bunda.

Menberikan ASI sesuai jadwal, meski harus membangunkan si bayi, dapat menghindari tangisan bayi karena lapar. Perlu Bunda ketahui semakin lapar simungil, semakin keras dan susah ditenangkan tangisannya. Amati tanda-tanda bayi mulai lapar seperti gerakan mulut yang mulai menghisap, gelisah serta banyak bergerak, jika mulai nampai, berikan ASI segera.

Jika sikecil terlanjur menangis sehingga Bunda agak kesulitan memberikan ASI, tenangkan dulu bayi Bunda dengan cara di gendong dan diayun lembut. Nyanyian bunda atau diajak berbicara biasanya cukup effektif meredakan tangisanya, berikan ASI segera sesaat setelah sikecil tenang.

Jika bayi Bunda prematur

Jika bayi Bunda terlahir prematur, biasanya dokter akan merekomendasikan asupan nutrisi tambahan berupa susu formula khusus. Disamping asupan nutrisi tambahan, pastikan bunda berikan ASI sesering mungkin. Peras susu dan simpan dalam botol untuk diberikan kemudian jika kondisi tidak memungkinkan.

Bayi yang terlahir prematur biasanya memiliki berat dibawah angka normal, oleh karena itu pemberian ASI plus nutrisi tambahan menjadi sangat penting. Konsultasikan dengan dokter anak mengenai jadwal pemberian ASI untuk informasi yang lebih valid.

Sumber gambar: Wade McDonald Photography

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru