09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Perlukah membersihkan gusi bayi sebelum giginya tumbuh?

KategoriKesehatan
Di lihat1008 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara membersihkan gusi bayi

Menurut hasil penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Amerika Serikat, membersihkan gusi bayi sebelum giginya tumbuh berpengaruh signifikan terhadap kesehatan gigi yang nanti akan tumbuh. Para ilmuwan menyimpulkan hal tesebut setelah mereka menemukan ada ratusan jenis bakteri didalam mulut bayi yang diduga berpengaruh terhadap pembentukan lubang pada gigi. Mereka mengatakan bahwa lubang pada gigi disebabkan oleh beberapa jenis bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut.

Para peneliti sangat merekomendasikan para orang tua untuk membersihkan gusi bayi mereka terutama bayi yang mengkonsumsi susu formula. Gula yang terdapat pada susu formula dapat memicu berkembangnya ragam bakteri pada mulut bayi. Adapun bayi yang mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama cenderung memiliki daya tahan terhadap bakteri tersebut, hal ini diketahui karena ASI mengandung antiracun dan antibodi yang dapat menekan pertumbuhan bakteri merugikan pada mulut bayi.

Langkah mudah membersihkan gusi bayi

Untuk bayi yang giginya belum tumbuh, membersihkan gusi cukup dengan menggunakan kain lembut basah atau kain kasa pada saat bayi mandi. Celupkan kain pada air hangat matang kemudian mengunakan jari, usap dengan lembut gusi bayi pada bagian atas dan bawah. Lanjutkan dengan mengusap gusi bayi bagian luar. Untuk hasil yang maksimal, membersihkan gusi bayi dapat pula dilakukan setelah bayi makan atau minum dan menjelang tidur malam.

Untuk bayi yang giginya mulai muncul, anda dapat menggunakan sikat gigi lembut khusus bayi. Biasanya sikat gigi yang dapat dimasukan kedalam jari dengan bulu-bulu yg halus, sikat dengan lembut gigi bayi tanpa menggunakan pasta gigi. Cukup lakukan pada saat bayi anda mandi.

Bakteri pada gusi bayi biasanya tidak akan menimbulkan kerusakan pada gigi bayi sebelum giginya tumbuh. Tapi kadang orang tua tidak bisa menentukan dengan pasti kapan gigi bayi mulai tumbuh. Oleh karenanya, membersihkan gusi bayi sebelum giginya tumbuh sangat bermanfaat untuk menjaga gigi bayi dari serangan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tips menjaga gigi bayi yang mengkonsumsi susu formula

Sebagaimana disebutkan di atas, gula yang biasanya terdapat pada susu formula (termasuk jus buah) dapat mempercepat tumbuhnya bakteri dalam mulut bayi. Jika bayi anda minum susu formula, upayakan untuk memilih susu formula bebas atau rendah gula. Upayakan untuk tidak memberikan susu pada saat bayi tidur malam. Semakin lama kontak antara gula dan gigi bayi terjadi, semakin besar potensi kerusakan gigi bias terjadi.

Para ahli juga merekomendasikan untuk memberikan susu formula atau jus dengan menggunakan sendok atau gelas khusus bayi dari pada memberikanya menggunakan botol dot yang dihisap bayi dalam waktu lama. Pada saat bayi mengkonsumsi minuman yang mengandung gula, mulut bayi akan mengeluarkan asam 20 menit setelah mengkonsumsi gula. Kontak asam dengan gigi yang berkepanjangan dapat meningkatkan resiko kerusakan pada gigi bayi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru