09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Pilihan nutrisi sehat saat merencanakan kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat984 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

rekomendasi nutrisi untuk kehamilan

Bila bunda sedang merencanakan kehamilan, para pakar sangat merekomendasikan agar bunda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan berimbang, karena kehamilan yang sehat, salah satunya ditentukan oleh asupan nutrisi sebelum dan selama kehamilan. Kali ini kita akan membahas panduan pola makan sehat bagi bunda yang merencanakan kehamilan. Berikut adalah rekomendasinya:

Baca juga: Makanan terlarang untuk bayi

Pola hidup sehat pendukung kehamilan

1. Menjaga berat badan sehat. Para ahli berpendapat bahwa kelebihan berat badan dapat membuat bunda lebih sulit untuk hamil. Di samping itu, menjaga berat badan juga merupakan salah satu cara untuk memperoleh kehamilan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang mengalami kelebihan berat badan berpotensi memiliki level lemak lahir yang tinggi serta berpotensi mengalami resistansi insulin. Hal ini membuat si kecil beresiko mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 di masa depan.

2. Sesuaikan berat badan dengan cara yang sehat. Jika bunda perlu menurunkan berat badan untuk mempersiapkan kehamilan, jangan melakukan diet yang terlalu ketat. Ada banyak bukti bahwa wanita yang melakukan diet sangat ketat dan wanita yang memiliki gangguan makan seringkali memiliki masalah dengan ovulasi sehingga membuatnya lebih sulit untuk hamil. Kehilangan sekitar 5% hingga 10% berat badan saja dapat mempengaruhi kesuburan dan tingkat resiko selama kehamilan. Sebaiknya, turunkan berat badan secara bertahap dengan diet rendah GI.

Baca juga: 6 Pemicu sakit perut pada bayi

3. Jaga asupan zat besi. Zat besi sangat penting bagi perkembangan calon buah hati. Karena itu, kebutuhan bunda akan zat besi akan meningkat selama kehamilan. Bila bunda kurang mengkonsumsi asupan kaya zat besi pada awal masa kehamilan, bunda berpotensi mengalami anemia selama kehamilan. Bila bunda sedang merencanakan kehamilan, bunda disarankan mengkonsumsi makanan-makanan kaya zat besi. Makanan-makanan sumber zat besi antara lain daging sapi rendah lemak, telur, tahu, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, gandum utuh, dan biji-bijian.

4. Berjemur di bawah sinar matahari. Pada masa kehamilan, bayi akan bergantung pada cadangan vitamin D di tubuh bunda. Salah satu cara menjaga cadangan vitamin D dalam tubuh adalah berjemur dengan cara yang sehat di bawah sinar matahari pagi. Selain dari sinar matahari, vitamin D bisa diambil dari makanan, meskipun jumlahnya belum mencukupi kebutuhan selama kehamilan. Makanan-makanan tersebut antara lain ikan berlemak (misalnya salmon dan sarden), telur, susu dan produk susu.

5. Perhatikan asupan yodium. Yodium sangat penting untuk membantu tiroid menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme. Karenanya, sangatlah penting untuk memperhatikan asupan yodium selama mempersiapkan kehamilan dan bila tidak, perkembangan fisik dan mental si buah hati bisa terganggu. Sumber yodium terbaik antara lain makanan laut, susu, sayuran, dan garam meja beryodium. Bila perlu, konsumsilah suplemen yodium secara teratur.

Baca juga: Tips menstimulasi kecerdasan anak bayi

6. Suplemen asam folat. Asam folat adalah salah satu dari kelompok vitamin B yang penting bagi kesehatan janin. Bila bunda kurang mengkonsumsi folat, resiko bayi cacat lahir menjadi lebih besar. Sumber folat yang baik dari makanan antara lain sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, alpukat, dan jeruk. Seperti halnya yodium, wanita hamil pada umumnya tidak mendapat cukup folat dari makanan. Karena itu, bunda dapat mengkonsumsi suplemen asam folat secara teratur.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru