09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Porsi ideal makanan semi padat untuk anak bayi

KategoriBayi
Di lihat752 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berapa banyak seharusnya porsi ideal anak bayi?

Adalah wajar bila si kecil makan lebih banyak ataupun lebih sedikit daripada bayi lain seumurannya. Bunda tidak perlu khawatir dan terlalu membanding-bandingkan karena bisa jadi ini adalah kondisi sementara yang diakibatkan faktor-faktor tertentu yang akan segera berubah dengan sendirinya. Perlu ayah bunda ketahui bahwa porsi makanan semi padat yang dikonsumsi bayi tergantung dari beberapa faktor di bawah ini,

Baca juga: Resep pancake stoberi buat si kecil

1. Bayi yang sudah menerima makanan semi padat selama satu bulan atau lebih akan makan lebih banyak daripada mereka yang baru mulai diperkenalkan dengan makan semi padat. Si kecil harus berlatih mengkonsumsi makanan tersebut, dan semakin mereka sering melakukannya mereka akan lebih mudah pencernaanya menerima makanan semi padat.

2. Setelah si kecil terbiasa dengan bubur halus, ia harus diperkenalkan dengan bubur yang lebih kasar. Bila ia sudah terbiasa memakan bubur yang lebih kasar, ia perlu diperkenalkan dengan makanan yang dicincang kasar. Pada saat berpindah dari satu tekstur ke tekstur lain, si kecil mungkin menjadi kurang nafsu makan. Namun, seiring berjalannya waktu ia akan mulai terbiasa dan nafsu makannya akan kembali normal.

3. Ketika si kecil tumbuh gigi atau merasa tidak sehat, adalah normal bila nafsu makannya sedikit menurun. Setelah tubuhnya kembali fit, umumnya nafsu makan si buah hati akan kembali seperti biasa.

Baca juga: Tips mengatasi susah makan pada anak

Apakah si kecil sudah kenyang?

Biasanya, bayi tidak fokus makan pada satu waktu. Seringkali mereka makan sedikit kemudian berhenti, kemudian makan sedikit lagi di lain waktu.  Itulah sebabnya menjadi sedikit sulit untuk mengetahui apakah si kecil sudah kenyang atau belum. Berikut adalah beberapa panduan yang harus di ingat ketika menyuapi si kecil.

1. Bayi memiliki naluri. Meski bayi belum bisa bicara untuk mengatakan bahwa ia sudah kenyang, mereka memiliki naluri untuk menentukan sendiri seberapa banyak makanan yang cukup baginya. Selama makanan yang disediakan baik dan kaya nutrisi, bunda tidak perlu khawatir si kecil akan kekurangan nutrisi. Malahan, bunda mungkin akan memberikan lebih banyak makanan dari yang dibutuhkan mereka.

2. Tanda bahwa si kecil ingin makan lagi. Bila si kecil menyentuh-nyentuh sendok, membuka mulutnya, atau berusaha meraup makanan, umumnya itu adalah tanda bahwa ia masih lapar dan ingin makan.

Baca juga: 5 Masalah gizi dan solusinya pada anak balita

3. Tanda bahwa si kecil sudah kenyang. Bila bayi mengatupkan mulutnya atau mengalihkan wajahnya dari makanan yang sedang disuapkan, atau bila ia memuntahkan makanan di mulutnya, itu adalah tanda bahwa ia sudah kenyang dan sebaiknya bunda tidak memaksanya makan lebih banyak.

4. Hubungi ahli. Bila bunda melihat bahwa si kecil memiliki masalah dengan berat badan, misalnya berat badan kurang atau mungkin lebih daripada ukuran normal, sebaiknya segera hubungi ahli atau dokter anak. Mereka akan menimbang berat si kecil, kemudian memberikan saran tentang hal-hal yang perlu dilakukan bila ada.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru