09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Prebiotik & probiotik untuk bayi dan bunda, pentingkah?

KategoriBayi
Di lihat2942 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

manfaat sehat probiotik bagi bayi dan ibu hamil

Kita seringkali merasa khawatir akan infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kenyataannya, tak semua bakteri bersifat ‘jahat’ dan merugikan kesehatan. Contohnya, beberapa jenis bakteri yang hidup di usus kita. Adanya bakteri ‘baik’ tersebut membuat proses pencernaan dalam tubuh kita berjalan dengan baik. Bahkan, ia pun memungkinkan tubuh kita menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita asup. Karena pentingnya peran bakteri dalam sistem pencernaan kita, asupan prebiotik dan probiotik menjadi penting.

Apakah yang dimaksud prebiotik dan probiotik?   

Apakah yang dimaksud dengan prebiotik dan probiotik? Dan apakah peran kedua zat tersebut bagi kesehatan tubuh kita? Kedua pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan penjelasan berikut.

Baca juga: Tips menghindari cacingan pada balita

Prebiotik adalah salah komponen yang merupakan makanan bagi bakteri di usus. Prebiotik dapat berupa bahan tambahan bagi makanan (biasanya berupa inulin), namun dapat pula didapatkan secara alami dari berbagai jenis makanan. Resistant Starch (RS) atau pati resistan dikenal sebagai salah satu jenis prebiotik. Resistant Starch (RS) adalah pati dan produk-produknya yang lolos dari pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar. Zat ini bisa kita dapatkan misalnya dari pisang, beras dan pasta, serta kacang-kacangan.

Probiotik adalah bakteri sehat yang baik bagi tubuh kita. Probiotik bisa kita dapatkan dari beberapa suplemen makanan dalam bentuk kapsul, bubuk, maupun minuman. Probiotik juga dapat kita peroleh dari yogurt dan makanan-makanan hasil fermentasi lainya.

Mengapa bakteri usus baik untuk tubuh kita?

Hasil samping fermentasi oleh bakteri tertentu di usus yang berupa asam lemak berantai pendek merupakan makanan bagi sel-sel penyusun usus besar. Bakteri-bakteri tersebut juga bisa terserap ke dalam aliran darah, dimana ia mempengaruhi metabolisme kolesterol dan terlibat dalam koordinasi antara otak dan usus.

Baca juga: Hati-hati dengan gejala keracunan parasetamol

70% dari sistem imun tubuh kita terpusat di usus. Maka, tidaklah mengejutkan bahwa kesehatan usus mempengaruhi sistem imun tubuh kita. Bakteri usus yang sehat merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan usus. Pada akhirnya, ia juga akan mempengaruhi kemampuan tubuh kita melawan infeksi dan penyakit.

Menyusui Vs. prebiotik/probiotik bagi bayi dan bunda

Bayi juga membutuhkan bakteri-bakteri baik dalam usus untuk membuatnya tetap sehat. Pada si kecil yang lahir dengan proses normal, proses kelahiran telah menjadi awal terbentuknya koloni bakteri sehat di usus. Kemudian, melalui proses menyusui kesehatan usus bayi akan semakin meningkat. Bagi bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar, proses menyusui membantu terbentuknya koloni bakteri sehat pada usus bayi.

Baca juga: 5 Jenis makanan untuk kesehatan gigi si kecil

Bagi bayi yang diberi ASI, koloni bifidobacteria atau probiotik di ususnya berkembang lebih baik daripada bayi yang mengkonsumsi susu formula. Selain itu, ASI juga mencegah berkembangnya bakteri merugikan di usus bayi. Hal ini disebabkan oleh zat khusus dalam ASI yang secara selektif hanya memberi makan bakteri baik. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa bakteri baik dalam pencernaan ibu dapat berpindah ke tubuh bayinya melalui ASI.

Diperbolehkan pula bagi bunda untuk memberi suplemen probiotik pada bayi. Asupan probiotik yang cukup bisa menghindarkan bayi anda dari beberapa jenis infeksi pernafasan, diare, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara keseluruhan.

Selain itu, asupan probiotik juga baik bagi bunda yang sedang menyusui. Berikut ini adalah beberapa kebaikan probiotik bagi ibu menyusui:

  • Mengurangi resiko infeksi pada payudara, misalnya mastitis
  • Bagi ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, probiotik membantu mengembalikan kondisi usus seperti semula
  • Probiotik dapat membantu mengembalikan berat tubuh ibu setelah melahirkan
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru