09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Probiotik diduga mampu menurunkan resiko alergi pada anak

KategoriNutrisi
Di lihat1052 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Bagaimana probiotik berperan dalam menjaga kekebalan tubuh si kecil?

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Anak Pittsburg, Australia, menyatakan bahwa konsumsi probiotik oleh ibu hamil diduga mampu menurunkan resiko alergi pada anak yang kelak lahir. Meski demikian para peneliti belum berani menganjurkan atau melarang konsumsi probiotik bagi ibu hamil mengingat penelitian tersebut masih memerlukan studi lanjut.

Berdasarkan hasil studi kami, probiotik memiliki peran cukup penting dalam mencegah alergi pada anak, tapi kami masih memerlukan studi tambahan sebelum kami berani memberikan rekomendasi kepada publik.” Kata Dr. Erick Fomo, salah satu anggota tim peneliti dari rumah sakit tersebut, sebagaimana disampaikan kepada kantor berita Reuters.

Baca juga: Resep jus penambah berat badan untuk si kecil

Bakteri baik yang hidup di dalam saluran pencernaan telah lama diketahui berperan positif terhadap sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi probiotik, yaitu bakteri baik yang banyak terdapat pada yogurt serta produk fermentasi lainnya diduga berperan positif dalam menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil, kata para peneliti.

Selama penelitian tersebut, para relawan ibu hamil yang mengikuti penelitian diminta untuk mengkonsumsi probiotik dalam bentuk tablet, konsumsi probiotik dilanjutkan oleh anaknya selama satu tahun pertama pasca kelahiran. Sebagai pembanding, beberpa ibu hamil diberikan placebo suplemen. Para relawan yang mengikuti program ini mengkonsumsi probiotik setiap hari.

Selama program penelitian, anak-anak yang lahir dari ibu yang mengikuti program tersebut menjalani pemeriksaan apakah mereka mengalami alergi terhadap beberpa hal seperti kacang atau polen, dan apakan mereka mengalami tanda-tanda alergi lainya.

Baca juga: 7 Jenis sayuran terbaik untuk dijadikan jus

Hasil sementara menunjukan bahwa si kecil yang ibunya mengkonsumsi probiotik selama masa kehamilan dan dilanjutkan dengan konsumsi probiotik oleh si anak paska kelahiran selama setahun pertama, menyatakan 12 persen lebih tahan terhadap berbagai jenis alergi bila dibanding anak-anak dari grup kontrol. Resiko alergi juga tidak berkurang pada anak-anak yang baru diberi probiotik saat mereka lahir saja sampai tahun pertama mereka.

Hasil yang berbeda ditunjukan untuk asma. Kedua kelompok baik anak yang ibunya mengkonsumsi probiotik maupun yang didak, keduanya sama-sama memiliki tingkat resiko terkena serangan asma yang sama.

Secara umum para ahli berpendapat bahwa probiotik dinilai aman dikonsumsi tanpa menimpulkan efek samping selama mengikuti anjuran pemberian. Meski demikian, para ahli belum bersepakat mengenai jumlah dosis terbaik yang harus dikonsumsi untuk memberikan dampak terbaik, kata Dr. Erick Fomo.

Baca juga: Waspadai bahaya junkfood berikut ini

Dr. Fomo juga menyatakan bahwa hasil penelitian yang ia lakukan memperkuat apa yang disebut dengan ‘hipotesis kebersihan’ yang menyatakan si buah hati yang dibesarkan dalam linkungan yang serba steril sehingga kontak dengan mikroba di lingkungan menjadi minim, hal ini dipercaya dapat meningkatkan potensi munculnya alergi pada si buah hati.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru