09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Rekomendasi posisi tidur ideal bagi ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat2410 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

posisi ideal tidur bagi ibu hamil

Mayoritas ibu hamil mengalami ketidaknyamanan saat tidur dengan posisi terlentang, terlebih saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga saat kandungan bertambah besar. Agar ibu hamil dapat tidur dengan nyaman, para ahli merekomendasikan beberapa posisi tidur yang patut untuk dicoba. Memperoleh tidur yang berkualitas sangat penting terlebih bagi ibu hamil yang memerlukan istirahat banyak.

Baca juga: 5 Tips agar si kecil biasa tidur siang

Saat bunda hamil, tubuh akan mengalami perubahan signifikan yang dapat memicu perubahan ritme aktivitas harian termasuk posisi tidur. Hal ini disebabkan oleh:

  • Semakin membesarnya perut
  • Sakit dibagian pinggang sebagai dampak kehamilan
  • Nafas pendek yang disebabkan tekanan rahim yang membesar pada rongga perut, dan
  • Insomnia yang dapat terjadi pada sebagian ibu hamil

Posisi tidur terbaik untuk ibu hamil

Posisi tidur terbaik bagi ibu hamil adalah dengan posisi miring. Para pakar kandungan merekomendasikan ibu hamil untuk tidur miring dengan bagian kiri tubuh dibagian bawah. Posisi ini dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi pada plasenta menuju si janin. Bengkokan lutut kearah depan dan posisikan bantal diantara kedua kaki. Tips lain agar ibu hamil dapat tidur dengan nyaman:

  1. Jika ibu hamil mengalami sakit dibagian pinggang, tidur dengan posisi miring dan tempatkan bantal dibawah perut untuk meringankan sakit pinggang akibat kehamilan.
  2. Saat mendekati persalinan, ibu hamil dapat mengalami nafas pendek, agar tidur lebih nyaman, lakukan posisi miring saat tidur dan gunakan bantal untuk menopang agar posisi badan bagian atas lebih tinggi dari bagian bawah.
  3. Jika memungkinkan, gunakan bantal khusus kehamilan yang bisa dibeli dipasaran. Bantal kehamilan didesain sedemikian rupa agar bisa menopang tubuh bunda dengan pas sehingga meminimalisir ketidaknyamanan saat tidur.

Baca juga: Cara membersihkan telinga si buah hati

Posisi tidur yang tidak tepat bagi wanita hamil

  1. Posisi tidur terlentang. Posisi tidur terlentang masih bisa dilakukan saat kehamilan memasuki trimester pertama, namun saat kehamilan memasuki trimester ketiga posisi ini umumnya membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman akibat kesulitan bernafas, sakit punggung dan pinggang, hemorrhoid, tekanan darah rendah, dan menurunnya sirkulasi darah dalam tubuh bunda dan si janin.
  2. Posisi tidur tengkurap. Ini jelas tidak memungkinkan terlebih usia kehamilan sudah mendekati jadwal persalinan. Postur tubuh bunda dengan perut yang besar tidak memungkinkan dilakukannya tidur dengan posisi tengkurap.

Masalah tidur dimasa hamil

Selain karena perubahan bentuk fisik yang berdampak pada kenyamanan posisi tidur, ibu hamil juga sering mengalami gangguan atau interupsi tidur yang mungkin terjadi saat mereka mengalami sakit dibagian pinggang atau punggung, keletihan atau pegal-pegal, insomnia, serta keinginan untuk ketoilet yang sering terjadi dimalam hari.

Baca juga: 6 Cara agar si kecil suka sayuran

Jika gangguan tidur terjadi cukup parah sampai mengganggu aktivitas harian bunda, sangat disarankan untuk segera menemui tenaga medis untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan medis secara lanjut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru