09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Rendahnya jumlah trombosit dalam darah Vs. kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat1350 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

penyebab dan cara penanganan trombosit rendah saat hamil

Trombosit adalah sel kecil dalam darah yang membantu menghentikan pendarahan dengan membentuk gumpalan darah saat ayah bunda terluka. Dalam kondisi normal, jumlah trombosit dalam darah adalah sekitar 150.000.000 – 400.000.000 / ml darah. Sekitar 8% wanita hamil memiliki lebih sedikit trombosit, yang mencapai sekitar 100.000.000 – 150.000.000 / ml darah. Kondisi ini umum disebut sebagai gestational thrombocytopenia atau rendahnya jumlah trombosit selama kehamilan.

Baca juga: Tips menyusui bayi dimalam hari

Penyebab rendahnya trombosit saat hamil

Penyebab pasti penurunan jumlah trombosit dalam darah belum dapat diketahui. Penyebabnya mungkin salah satu dari kedua hal berikut:

1. Tubuh akan menghancurkan trombosit yang sudah tua dan menggantikannya dengan yang baru. Selama masa kehamilan, proses ini terjadi lebih cepat sehingga jumlah trombosit dalam darah menurun. Akan tetapi, trombosit yang ada di dalam darah lebih mudah dan berukuran lebih besar.

2. Produksi plasma darah selama masa kehamilan meningkat. Karena itu, jumlah trombosit dalam darah per mililiter darah menjadi turun. Akan tetapi, hal ini tidak mengurangi kinerja dari trombosit tersebut.

Pemeriksaan lanjut ibu hamil bertrombosit rendah

Bila tes darah menunjukkan bahwa jumlah trombosit dalam darah wanita hamil berada di bawah normal, mereka akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah ulang. Hal ini penting untuk membnatu dokter mengetahui apakah kurangnya jumlah trombosit tersebut berlangsung lama. Bila jumlah trombosit berada sangat jauh di bawah normal, hal ini bisa berarti:

Baca juga: Banyaknya air yang harus diminum saat menyusui

  • Kemungkinan terjadinya pendarahan ketika persalinan atau operasi caesar semakin besar. Bunda juga mungkin mengalami keluarnya darah nifas yang lebih banyak.
  • Pemberian epidural (bius lokal dari daerah pinggang ke bawah) ketika persalinan harus dilakukan dengan lebih hati-hati.
  • Turunnya trombosit bisa merupakan tanda dari dengue. Karenanya, bila trombosit wanita hamil turun pada musim penyakit dengue , ia membutuhkan pemeriksaan dan perawatan khusus.

Bila trombosit wanita hamil turun secara tidak wajar, hal ini bisa merupakan akibat dari penyakit yang memang sudah ada sebelum kehamilan, misalnya lupus. Pada penderita lupus, tubuh memiliki kecenderungan untuk salah menyerang sel yang baik. Jenis obat-obatan tertentu yang kita konsumsi selama kehamilan juga dapat menurunkan jumlah trombosit. Bila gangguan-gangguan tersebut diketahui sebelum kehamilan, dokter mungkin melakukan perawatan khusus selama dan setelah kehamilan sehingga turunnya trombosit dapat dicegah.

Trombosit rendah dan komplikasi pre-eclampsia

Terkadang, turunnya jumlah trombosit terkait dengan kondisi yang disebut sindrom HELLP (salah satu komplikasi dari pre-eclampsia). Akan tetapi, kasus seperti ini sangatlah jarang. Bila hal inin terjadi, turunnya jumlah trombosit akan diikuti gejala lain, seperti:

Baca juga: Panduan singat menyusui bayi pertama

  • Gejala-gejala yang sering muncul pada pre-eclampsia (terutama tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urin).
  • Nyeri di atas perut.
  • Sakit kepala.

Kondisi tersebut ditunjukkan oleh gejala turunnya trombosit jauh di bawah normal dan gejala-gejala lainnya. Jadi, bila tidak terdapat gejala lain selain turunnya trombosit, bisa jadi kita tidak membutuhkan perawatan khusus untuk menanganinya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru