09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Sakit puting saat menyusui? Ini dia tips meredakanya

KategoriMenyusui
Di lihat8483 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara efektif mengatasi dan menghindari sakit puting saat menyusui untuk pertama kali

Saat pertama kali bunda menyusui si buah hati, sensasi sakit diarea puting mungkin saja terjadi. Hal ini umumnya terjadi akibat posisi lidah dan gusi si kecil yang tidak tepat sehingga menimbulkan tekanan dan gesekan lidah si kecil pada puting saat mereka menghisap ASI. Berita baiknya, rasa sakit tersebut umumnya akan hilang dalam waktu 2-4 hari, setelah si buah hati belajar menghisap air susu ibu dengan posisi yang benar.

Baca juga: Tips mudah menyapih bayi

Jika rasa sakit yang timbul bertahan hingga satu pekan atau lebih, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh posisi bibir atau cara menghisap si kecil yang masih kurang tepat. Sangat penting untuk segera menangani kondisi ini sebelum keadaanya semakin memburuk. Dikhawatirkan rasa sakit tersebut dapat mengganggu proses menyusui si buah hati.

Penyebab sakit pada puting saat menyusui

Hal pertama yang harus diperiksa saat ibu menyusui mengalami sakit puting adalah cara si kecil minum air susu ibu. Posisi yang benar adalah saat lidah dan gusi si kecil berada disekitar areola, yaitu area pada payudara disekitar puting yang berwarna lebih gelap, dan bukan pada putingnya. Saat posisi lidah atau gusi berada pada puting yang sensitif, setiap hisapan si kecil akan menimbulkan gesekan pada puting, dan kondisi inilah yang menimbulkan luka lecet yang disertai dengan sensasi sakit.

Baca juga: Penyebab sembelit akut pada bayi

Tips menghindari sakit saat menyusui

1. Variasikan posisi menyusui. Jika ibu menyusui merasakan sakit saat menyusui, coba untuk memvariasikan posisi menyusui termasuk posisi duduk, posisi menggendong si kecil menggunakan gendongan, atau posisi berbaring menyamping. Memvariasikan posisi menyusui dapat mendistribusikan tekanan akibat hisapan si kecil sehingga meminimalisir munculnya rasa sakit.

2. Susui si kecil sebelum ia lapar berat. Saat si kecil lapar berat, biasanya ia akan mneghisap air susu ibu dengan frekuensi dan intensitas hisapan yang lebih kuat sehingga dapat memicu luka lecet pada puting ibu menyusui. Sebaliknya, saat si kecil tidak lapar berat, mereka akan menghisap ASI dengan ritme normal dan ibu menyusuipun terhindar dari luka lecet.

3. Betulkan cara mengisap si kecil. Saat akan memposisikan puting pada mulit si kecil, gunakan ibu jari dan telunjuk bunda untuk mengarahkan dan menekan bagian payudara agar lidah dan gusi si buah hati berada didaerah areola.

Meredakan sakit saat menyusui

1. Pastikan puting dalam keadaan kering saat tidak sedang menyusui. Gunakan tisu atau kain katun bersih untuk mengeringkan bagian puting setiap selesai menyusui. Jika mengeringkan menggunakan kain atau tisu membuat bunda sakit, biarkan area tersebut kering oleh udara.

Baca juga: Tips menangani bayi yang mengalami gejala kuning

2. Hindari penggunaan sabun. Bintik-bintik didaerah areola adalah kelenjar yang pemproduksi pembersih serta pelembab alami. Penggunaan sabun didaerah puting dan aerola dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah.

3. Gunakan bongkahan es yang dibungkus plastik dan kain untuk meredakan sakit akibat luka lecet saat bunda menyusui. Jika sakit yang ditimbulkan sangat mengganggu, bunda dapat menemui dokter untuk mendapat perawatan yang diperlukan. Sakit yang bertahan hingga beberapa pekan sampai bulan bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada puting, sehingga memerlukan pemeriksaan dan pengobatan khusus.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru