09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Salmon: Makanan super bagi otak anak balita

KategoriNutrisi, Resep
Di lihat3971 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Resep penyajian salmon untuk anak balita

Mengenalkan beragam jenis makanan pada si kecil tak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, dampak positif lainya agar mereka tak pilih-pilih makanan saat mereka tumbuh bertambah usia. Dari kelompok sumber protein hewani, ikan salmon adalah salah satu sumber potein yang direkomendasikan pada ahli.

Baca juga: 4 Warna air seni si kecil dan penyebabnya

Ikan salmon diketahui kaya akan kandungan protein, rendah lemak jenuh, serta kaya dengan beragam jenis vitamin B. Komponen lain yang membuat ikan salmon cukup populer diantara sumber protein lainya adalah kandungan asam lemak Omega-3 khususnya jenis DHA, dan EPA yang secara ilmiah telah terbukti berdampak positif pada perkembangan otak, fungsi kecerdasan, dan kemampuan visual si kecil.

Hasil sebuah penelitian yang melibatkan 117 anak dengan gangguan pertumbuhan fungsi koordinasi, menunjukan adanya korelasi antara konsumsi Omega-3 dengan peningkatan kemampuan dalam hal membaca dan mengeja. Selain Omega-3, salmon juga dikenal sebagai sumber vitamin D yang bagus bagi pertumbuhan tulang balita ayah bunda.

Baca juga: Tips tidur nyeyak anak balita

Sekilas tentang DHA

DHA (docosahexaenoic acid) adalah salah satu jenis asam lemak Omega-3 yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan otak, mata, serta untuk menjaga kesehatan jantung. Sama hal nya dengan kalsium yang diperlukan untuk kekuatan tulang, DHA diperlukan agar otak, retina mata, jantung, dan bagian lain dari sistem syaraf si kecil bekerja dengan optimal. Selain untuk si kecil, DHA juga diperlukan oleh ayah bunda lho.

DHA menyusun 97 persen dari seluruh kandungan asam lemak Omega-3 di organ otak dan 93 persen dari keseluruhan asam lemak Omega-3 di retina mata. Omega-3 yang banyak terdapat pada ikan salmon dan Air Susu Ibu (ASI) ini juga diperlukan tubuh si buah hati untuk meredakan beragam peradangan yang terjadi didalam tubuh.

Si kecil memerlukan asupan DHA yang berkesinambungan dari beragam jenis makanan. Meski tubuh manusia bisa memproduksi DHA, namun prosesnya tidak cukup efektif sehingga masih diperlukan asupan dari luar.

Baca juga: Jenis makanan sumber zat besi untuk si kecil

Resep ikan salmon untuk anak balita

Ikan salmon dapat diberikan langsung pada balita ayah bunda sebagai lauk makan berat. Berikut adalah resep ikan salmon kukus yang diambil dari areahalal.blogspot.com.

Bahan:

  • 400 gram daging ikan salmon segar di potong sesuai selera
  • 1 sendok the minyak wijen, dan
  • Daun bawang secukupnya, potong tipis memanjang
  • 2 sendok the angciu
  • 3 siung bawang putih, memarkan kemudian cincang sampai halus
  • ½ ruas ibu jari jahe
  • ½ sendok makan kecap ikan, serta
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukan jahe, bawang putih, minyak ikan, gula, garam, angciu, dan minyak wijen kedalam wadah tahan panas kemudaian aduk rata.
  2. Masukan ikan salmon kedalam wadah dan baurkan dengan bumbu sampai merata, kemudian taburkan daun bawang iris diatasnya.
  3. Panaskan panci kukusan hingga beruap

Kukus ikan salmon dengan api sedang selama 30 menit hingga matang, angkat kemudian sajikan dengan nasi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru