09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Segudang manfaat sehat telur bagi ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat402 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah manfaat sehat konsumsi telur oleh ibu hamil

Telur adalah salah satu makanan kaya nutrisi terutama protein yang baik bagi ibu hamil. Dalam sebutir telur terkandung protein, folat, antioksidan, asam lemak omega-3, dan berbagai vitamin serta mineral esensial lainnya. Selain kaya akan nutrisi, telur juga mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau.

Kandungan istimewa telur

Baca juga: 4 Gangguan kesehatan perut pada bayi

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam telur yang sangat baik bagi ibu hamil.

1. Telur sangat kaya akan protein. Protein adalah salah satu zat penting bagi ibu hamil, yaitu sebagai sumber kalori dan zat pembangun organ-organ penting pada janin seperti mata, otak, jantung, hati, kulit, otot, dan tulang. Protein juga berperan dalam pembentukan darah, plasenta, dan cairan ketuban selama kehamilan, dan baik bagi perkembangan antibodi dan dapat menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Kebutuhan protein pada wanita hamil adalah sekitar 60 gram setiap harinya, dan 2 butir telur dapat menyediakan sekitar 12 gram protein.

2. Telur adalah sumber alami folat. Folat adalah zat penting bagi pembentukan DNA janin dan dapat mengurangi resiko cacat lahir pada bayi, terutama cacat tabung syaraf. Selain itu, asupan folat yang cukup dapat mencegah berat lahir rendah pada bayi dan kelahiran prematur. Dalam 2 butir telur terkandung sekitar 2,6 mcg folat.

3. Iodin adalah salah satu zat yang sangat penting bagi perkembangan janin terutama untuk mendukung fungsi kelenjar tiroid janin untuk memproduksi hormon sendiri. Telur juga mengandung zat ini dalam jumlah cukup banyak yaitu 61% dari kebutuhan iodin ekstra bagi ibu hamil.

Baca juga: Rahasia sehat alpukat untuk bayi bunda

4. Zat besi adalah salah satu zat pembentuk tulang, tulang rawan, dan jaringan ikat pada janin. Asupan zat besi yang cukup selama kehamilan dapat menghindarkan bunda dari anemia, bahkan kelahiran prematur. Dalam 100 gram telur terkandung sekitar 2,7 mg zat besi.

5. Kekurangan zinc selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat lahir yang rendah. Hal ini dapat terjadi karena zinc merupakan zat yang mempengaruhi pertumbuhan dan adalah salah satu bagian dari enzim yang berperan dalam sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Dalam 100 gram telur terkandung 1,29 mg zinc.

6. Vitamin A adalah vitamin yang sangat penting bagi perkembangan sel mata, jantung, tulang, dan telinga janin. Zat penting ini juga berpengaruh dalam metabolisme lemak, dapat melawan infeksi, dan mendukung kesehatan kulit janin. Dalam 100 gram telur terkandung vitamin A dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu 540 IU (International Unit).

7. Telur adalah salah satu makanan yang merupakan sumber alami kolin. Kolin merupakan zat yang penting selama masa kehamilan karena dapat mempengaruhi perkembangan otak janin.

Baca juga: Bukti bahwa bayi mencintai bunda

Tips mengonsumsi telur bagi ibu hamil

Karena berbagai kandungan gizi di dalamnya, telur merupakan salah satu makanan yang “sempurna” bagi ibu hamil. Akan tetapi, kita perlu memperhatikan cara yang benar dalam mengkonsumsinya. Dalam telur mentah, mungkin terdapat bakteri patogenik, seperti E. Colli dan Salmonella. Karena itu, perhatikan untuk selalu memasak telur hinga bagian putihnya mengeras dan kuning telur tidak lagi licin sebelum disajikan. Lebih aman lagi bila telur dimasak matang, seperti pada telur dadar atau telur orak arik.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru