09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Si kecil gampang mabuk perjalanan? Ini dia solusinya!

KategoriPrilaku
Di lihat1440 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips menghindari anak mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan dapat dialami baik oleh orang dewasa atau anak-anak. Menurut para peneliti, mabuk perjalanan dapat terjadi ketika otak menerima informasi yang berbeda dari indra pendeteksi gerakan seperti telinga bagian dalam, mata, dan jaringan syaraf pada anggota tubuh.

Contoh sederhananya begini, jika si kecil naik mobil kemudian dia nonton film kartun di jok belakang, maka telinga bagian dalam dia akan mendeteksi adanya gerakan dari mobil tapi mata dan syaraf pada anggota badanya tidak. Perbedaan informasi yang diterima otak tersebut dapat memicu terjadinya keringat dingin, perut mual, pusing, atau bahkan muntah.

Para peneliti belum mengetahui secara jelas kenapa sebagian anak gampang mabuk sementara yang lainya tidak. Namun demikian mereka tau bahwa mabuk perjalanan jarang menimpa bayi dan anak dibawah 2 tahun, sedang anak-anak dengan usian 2 sampai 12 tahun lebih mudah terkena gejala-gejala mabuk perjalanan. Lalu bagaimana agar si kecil tidak mabuk ketika diajak berkendaraan? Berikut adalah beberapa tipsnya

7 Tips agar sikecil terhindar dari mabuk perjalanan

1. Arahkan perhatian sikecil ke luar. Daripada melihat buku atau nonton dalam mobil, upayakan sikecil untuk melihat keluar mobil. Jika memungkinkan, posisikan sikecil dikursi bagian paling depan. Melakukan perjalanan pada saat waktu tidur siang juga dapat mengurangi potensi mabuk karena sikecil lelap tertidur.

2. Buka sedikit jendela kendaraan. Aliran udara dari luar terbukti dapat mengurangi resiko mabuk perjalanan, tapi jangan terlalu besar ya, nanti masuk angin. Pastikan juga udara diluar tidak pekat dengan polusi. Jika tidak memungkinkan hembusan angina dari AC mobil dapat juga membantu.

3. Perhatikan makanan sebelum bepergian. Hindari memberikan sikecil makanan yang berminyak dan pedas. Hindari juga makan berlebih sebelum melakukan perjalanan panjang. Jika waktu perjalanan tidak terlalu lama, pertimbangkan untuk menunda makan sampai di tempat tujuan.

4. Jika sikecil sering mabuk perjalanan, coba untuk mengalihkan perhatian sikecil dengan mendengarkan musik, atau mengajaknya berbicara.

5. Jika dalam perjalanan sikecil menunjukan tanda-tanda mabuk perjalanan, hentikan kendaraan jika memungkinkan, biarkan sikecil turun dari kendaraan dan menghirup udara luar selama beberapa saat sambil berjalan ditemani Ayah Bunda.

6. Beberapa kebiasaan yang sudah berlaku di masyarakat boleh juga di coba meski secara klinis belum terbukti mengurangi resiko mabuk perjalanan. Diantaranya adalah mengenakan koyo (salonpas) pada bagian pusar sikecil, mengoleskan minyak angin dibagian kening, dan meggunakan kompres dingin pada kening sikecil dipercaya dapat mengurangi resiko mabuk perjalanan.

7. Minum obat anti mabuk. Jenis obat anti mabuk hanya boleh diberikan pada sikecil dengan usia diatas dua tahun. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum membeli obat anti mabuk di apotek terdekat. Baca dan ikuti dengan seksama petunjuk yang terdapat pada label kemasan untuk mengetahui dosis yang diberikan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru