09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Strategi ampuh mengatasi susah tidur pada ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat652 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips mengatasi susah tidur saat hamil

Insomnia atau sulit tidur adalah salah satu keluhan yang paling umum dialami oleh wanita hamil. Sulit tidur bisa dipicu kekhawatiran, rasa takut, atau kecemasan bunda dalam menghadapi masa kehamilan dan persalinan. Bahkan, rasa bergairah ketika menanti kelahiran si kecil juga bisa membuat bunda sulit memejamkan mata di malam hari.

Selain faktor psikis, sulit tidur bisa disebabkan berbagai gangguan fisik yang normal terjadi selama kehamilan, misalnya nyeri pada punggung atau payudara, atau mungkin karena si kecil di dalam kandungan sangat aktif  bergerak di malam hari. Selain itu, insomnia atau sulit tidur juga bisa disebabkan oleh mimpi buruk atau seringnya bunda ke toilet di malam hari. Keduanya adalah gangguan yang umum terjadi pada wanita hamil.

Baca juga: Tanda keterlambatan bicara pada anak

Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil

1. Jangan terlalu khawatir ketika sulit tidur di malam hari. Kekhawatiran berlebih bisa memicu stres yang malah bisa merugikan bagi bunda dan si kecil. Begitu pula bila bunda sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur, jangan mencemaskannya secara berlebihan. Minumlah segelas susu hangat atau lakukan kegiatan ringan seperti menonton televisi atau membaca buku kesukaan bunda sebelum kembali tidur. Dijamin, bunda akan lebih mudah terlelap.

2. Bila memungkinkan, tidurlah di siang hari supaya kekurangan tidur di malam hari tertutup. Bila bunda harus menjalani kehamilan sambil mengasuh anak-anak, cobalah untuk tidur ketika mereka tidur siang. Bila bunda bekerja, mungkin akan sedikit sulit untuk melakukannya. Pastikan bunda cukup istirahat di siang hari dengan pergi ke luar kantor ada jam istirahat siang. Sangatlah penting bagi bunda untuk memperoleh pemandangan yang membuat pikiran lebih rileks dan udara segar yang menenangkan.

3. Ketika sulit tidur di malam hari, usahakan untuk tidak berkegiatan berlebihan di siang hari. Bila perlu, pekerjakan asisten rumah tangga supaya bunda bisa lebih banyak beristirahat.

Baca juga: Tips agar si kecil tak mabuk selama perjalanan

4. Lakukan olahraga ringan yang menenangkan, misalnya yoga atau berjalan-jalan santai ke taman. Usahakan berolahraga setiap hari dan pastikan kita memperoleh udara segar.

5. Berkonsultasilah dengan dokter yang merawat kesehatan bunda mengenai gangguan kesehatan yang mungkin membuat bunda sulit tidur, misalnya sakit punggung, carpal tunnel syndrom, sciatica, atau penyumbatan sinus.

6. Pastikan kamar tidur yang bunda gunakan cukup nyaman, memiliki ventilasi yang baik, dan tidak gerah. Hindari pula membawa masuk hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan ke kamar tidur.

Baca juga: Kenapa si kecil suka mengigit dan bagaimana cara mengatasinya?

7. Lakukan kegiatan ringan sebelum tidur, misalnya mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca bacaan yang ringan.

8. Perhatikan makanan yang bunda konsumsi, pastikan ia mengandung banyak vitamin B. Vitamin B dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengatasi insomnia. Selain itu, hindari minuman yang bersifat stimulan atau mengandung kafein, seperti kopi, coklat, teh, softdrink, atau minuman beralkohol, terutama menjelang waktu tidur. Atur juga waktu makan malam, usahakan jangan terlalu dekat dengan waktu tidur untuk memberi kesempatan bagi tubuh untuk mencerna makanan kita.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru