09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Strategi manjur saat si bayi tak kunjung tidur

KategoriBayi
Di lihat2346 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Langkah mudah agar bayi tidur lelap

Perpindahan si bayi mungil dari rahim bunda ke dunia memerlukan masa transisi yang salah satunya dalah pola tidur. Diawal-awal paska kelahiran, si kecil belum mengenal siklus tidur sebagaimana ayah bunda. Mereka dapat tidur dan terbangun kapan saja mereka mau atau saat mereka lapar. Hal ini terkadang menjadi kendala yang cukup berat apalagi bagi ayah bunda yang memiliki aktifitas harian cukup padat.

Baca juga: Penyebab nafas tak sedap pada balita

Pola tidur si kecil memang tidak bisa dipaksa berubah dalam waktu yang singkat, mereka butuh waktu untuk belajar mengikuti ritme biologis orang dewasa. Seiring dengan bertambahnya usia mereka akan belajar mengikuti pola hidup ayah bunda. Tapi bagaimana jika si kecil susah ditidurkan, atau tidur tapi tidak pernah nyeyak? Apa yang harus dilakukan agar mereka dapat tidur nyeyak?

Kenali tanda-tandanya

Meski di awal pola tidur si buah hati nampak acak, sebenarnya mereka memiliki pola, dan saat bunda mengetahui polanya, ayah bunda dapat menidurkan mereka tanpa harus ‘berkeringat’. Tugas ayah bunda adalah mengenali pola aktivitas si mungil, kapan ia mulai mengantuk, kapan ia lapar, dan kapan ia merasa bosan dan mau bermain.

Baca juga: Waspadalah dengan 6 jenis zat aditif ini!

Saat mereka lapar, sederhana mereka akan menangis, begitu pula saat jadwalnya bermain mereka akan ‘menolak’ untuk ditidurkan. Jadi kalau momenya tidak tepat, mereka tidak akan mau untuk memejamkan mata. Umumnya setelah perut mereka keyang dan cukup waktu bermain, mereka akan mulai merasa ngantuk. Tanda-tanda yang sering tintunjukan saat mereka siap tidur adalah menguap, mengerutkan dahi, mengosok-gosok mata dengan tanganya, pandangan kosong, serta menyentak-nyentakan tangan dan kaki.

Sangat penting abgi ayah bunda untuk mengenali tanda-tanda tersebut. Menjelang ‘ritual’ tidur cek apakan popoknya dalam keadaan basah. Saat popoknya penuh atau basah, mereka tidak akan merasa nyaman untuk tidur. Pastikan juga kondisi kamar bebas dari suara bising dan cahaya yang terlalu terang. Jika diperlukan ayah bunda dapat memutarkan musik lembut agar si kecil merasa rileks dan segera tertidur.

Baca juga: Pentingnya sarapan pagi bagi balita bunda

Tidur bayi: Lebih mudah dengan rutinitas

Setelah beberapa pekan, ayah bunda akan mengenali ritme si kecil untuk tidur, bermain, dan minum ASI dan akan lebih mudah jika ayah bunda mengikuti ritme si kecil tersebut. Berpatokan pada rutinitas yang harian si kecil tidak hanya dapat meringankan tugas ayah bunda namun juga membantu mereka untuk ‘memahami’ pola hidup manusia normal.

Upayakan agar bunda dapat beristirahat saat si kecil lelap tertidur atau ayah bunda dapat bergantian menjaga si kecil sambil salah satu beristirahat agar kesehatan ayah bunda juga tidak terganggu.

Img source: www.rainboweleven.com

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru