09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Strategi tidur efektif bagi bunda yang baru melahirkan

KategoriBayi
Di lihat1098 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips agar bunda yang baru melahirkan dapat tidur cukup

Ayah bunda yang baru pertama kali menimang bayi umumnya terkendala dengan penyesuaian pola tidur si mungil. Bayi yang baru lahir belum mempunyai pola tidur normal sebagaimana tidurnya ayah bunda. Mereka dapat bangun kapan saja saat merasa lapar atau merasa terganggu. Disaat usia mereka menginjak 1-8 minggu rata-rata mereka akan terbangun setiap 1-2 jam untuk minum ASI. Karena pola tidur si kecil yang demikian, menjadi sangat penting bagi ayah dan bunda untuk menyesuaikan ritme tidurnya agar ayah bunda tidak sakit karena kurang tidur.

Baca juga: Tips memilih baju bayi

Peran tidur bagi ayah bunda sangat penting, bukan saja waktu untuk beristirahat, tidur diperlukan tubuh untuk melakukan proses penting termasuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan saat dimana beberapa hormon tubuh diproduksi. Hormon serotonin yang erat kaitanya dengan mood yang baik, serta hormon prolaktin yang berkaitan dengan produksi ASI, diproduksi secara optimal saat bunda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Karena si kecil minum ASI dalam interval tertentu, tentu hal ini membuat jadwal tidur bunda terutama dimalam hari menjadi sedikit berubah. Meski demikian bukan berarti jam tidur bunda harus berkurang, dengan penyesuaian pola tidur dan bantuan pasangan atau keluarga, bunda masih bisa menjaga kebutuhan tidur minimal setiap harinya.

Baca juga: 4 Langkah agar gigi si kecil tak keropos

Tidur disaat ada kesempatan

Para ahli merekomendasikan bunda agar ikut tidur saat si kecil tidur. Pada awalnya mungkin tidak biasa namun ini penting dilakukan agar bunda juga mendapat waktu istirahat yang cukup. Alternatif lain bunda bisa bekerjasama dengan suami atau meminta bantuan anggota keluarga untuk bergantian menjaga si kecil saat bunda harus beristirahat.

Tips menjaga kesehatan bunda

  • Pola tidur yang berubah berpotensi membuat bunda drop, selain tidur, pastikan bunda mendapatkan makanan dengan nutrisi yang cukup dan berimbang, serta cukup minum. Selain untuk menjaga dayatahan tubuh, makanan bergizi akan memastikan kecukupan produksi ASI untuk si kecil.
  • Jika diperlukan bunda dapat menyimpan stok ASI untuk diberikan oleh suami sehingga bunda punya waktu cukup untuk beristirahat, terlebih jika si kecil minum susu formula.
  • Hindari konsumsi kopi berlebih termasuk teh dan coklat atau hal lain yang dapat mengganggu waktu tidur bunda, termasuk menempatkan televisi di kamar tidur.
  • Lakukan relaksasi otot dengan cara meregangkan sendi-sendi disaat ada kesempatan. Menyusui si kecil umumnya dilakukan sambil duduk atau berbaring, dan gerakan-gerakan relaksasi membantu merenggangkan otot-otot serta melancarkan peredaran darah seluruh tubuh bunda.
  • Tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Cara sederhana ini dapat membuat bunda lebih rileks sehingga terhindar dari stress.

Baca juga: Makanan super untuk perkembangan optimal otak si buah hati

Jika bunda merasa kondisi kesehatan menurun, segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis lanjut. Berhati-hati dengan konsumsi obat kimia terutama jenis obat yang tidak diresepkan oleh dokter.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru