09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Stretch marks dan cara alami untuk mencegahnya

KategoriKehamilan
Di lihat1776 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang menyebabkan stretch mark pada wanita hamil dan bagaimana tindakan pencegahanya? berikut informasi lebih lanjutnya

Stretch marks (striae gravidarum) disebabkan oleh kulit yang meregang karena ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Stretch marks sangat umum terjadi, bahkan kondisi ini dialami oleh 75% hingga 90% wanita hamil. Stretch marks merupakan garis-garis berwarna merah muda atau merah yang biasa muncul pada bagian perut, payudara, pinggul, atau paha. Terkadang stretch marks tidak muncul selama masa kehamilan dan baru tampak beberapa minggu menjelang persalinan.

Baca juga: 6 Masalah umum saat menyusui

Faktor resiko Stretch marks pada wanita hamil

Stretch marks bersifat permanen, namun ia biasanya memudar menjadi garis-garis berwarna keperakan beberapa waktu setelah persalinan. Wanita yang berusia lebih muda ketika hamil biasanya lebih rentan terhadap stretch marks daripada wanita yang berusia lebih tua.

Wanita yang memiliki stretch marks sebelum hamil atau keluarganya memiliki kecenderungan tersebut biasanya memiliki kemungkinan yang lebih tinggi memiliki stretch marks ketika hamil. Kemungkinan munculnya kondisi tersebut juga lebih tinggi bila kita mencapai kenaikan berat badan yang berlebih ketika hamil atau bila hamil anak kembar.

Mungkinkah mencegah munculnya stretch marks?

Sampai sekarang, belum ada produk yang dijual di pasaran yang benar-benar mampu mencegah stretch marks. Produk-produk seperti minyak atau krim biasanya hanya bekerja pada lapisan luar kulit sehingga tidak dapat mencegah stretch marks yang biasanya muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Baca juga: Jumlah air minum khusus ibu menyusui

Pencegahan stretch marks dengan menjaga kebiasaan baik tentang nutrisi dan olahraga selama kehamilan biasanya lebih efektif. Berikut beberapa di antaranya.

1. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E untuk menjaga kulit tetap sehat, misalnya sayuran dan buah-buahan.

2. Jagalah asupan makanan yang masuk ke tubuh supaya kita tidak mengalami kenaikan berat badan yang terlalu banyak. Kurangi konsumsi lemak dan gula untuk mencegahnya. Kenaikan berat badan yang ideal bagi wanita hamil adalah sekitar 12 kg hingga 15 kg. Kenaikan berat badan berlebih dapat membuat peregangan kulit lebih parah sehingga dapat menyebabkan munculnya stretch marks.

3. Minumlah cukup air putih, minimal 8 gelas sehari. Cukup minum air putih dapat menjaga elastisitas kulit sehingga diharapkan mengurangi kemungkinan timbulnyan stretch marks pada masa kehamilan.

4. Melakukan olahraga ringan secara teratur dapat membuat tubuh lebih bugar dan mengurangi kemungkinan munculnya stretch marks secara tidak langsung.

5. Pijat / reflexology dan relaksasi juga dipercaya memiliki pengaruh terhadap kemungkinan timbulnya stretch marks.

Pengobatan stretch mark secara alami

Stretch marks yang sudah muncul dapat dikurangi dengan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, kentang, lemon, minyak almond atau gula. Bahan-bahan tersebut mudah didapat, lebih aman, dan tentunya lebih murah daripada melakukan perawatan khusus yang mahal ke dokter.

Baca juga: 6 Tips seputar memompa ASI bagi bunda yang bekerja

Oleskan air lidah buaya, jeruk, atau kentang ke bagian yang terdapat stretch marks, tunggu hingga mengering selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Atau, campur 1 sendok makan gula dengan sedikit minyak almond dan air perasan lemon, kemudian oleskan di bagian kulit yang terkena stretch marks dan bilas setelah mengering.

Minyak zaitun juga merupakan terapi alami untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah stretch marks melebar.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru