09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah suplemen makanan super untuk ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1132 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah 4 komponen penting yang umumnya terdapat dalam suplemen makanan kesehatan ibu hamil

Saat hamil, tubuh bunda memerlukan ekstra nutrisi, vitamin dan mineral, karena apa yang bunda konsumsi akan dibagi berdua dengan si janin. Pertumbuhan janin yang pesat memerlukan nutrisi plus vitamin dan mineral, yang akan diambil langsung dari makanan yang dikonsumsi bunda. Suplemen makanan untuk ibu hamil terkadang direkomendasikan oleh dokter agar angka kecukupan harian vitamin dan mineral yang diperlukan ibu hamil dapat terpenuhi.

Suplemen makanan untuk ibu hamil

Disamping makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan kesehatan yang mengandung folat dan asam lemak Omega-3 yang keseluruhanya berperan sangan penting bagi pertumbuhan si janin.

Baca juga: 5 Bahaya konsumsi gula berlebih pada anak

Selain dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, semua komponen pendukung pertumbuhan tersebut dapa diperoleh dari suplemen kehamilan. Apa saja komponen yang diperlukan agar ibu hamil dan si janin dapat tumbuh dengan optimal? Berikut adalah empat diantaranya:

1. Zat besi. Dalam tubuh manusia zat besi berperan sangat vital, salah satunya diperlukan dalam pembentukan hemoglobin darah. Lebih lanjut zat besi membantu memastikan proses distribusi oksigen dalam tubuh serta mencegah anemia. Menurut situs WebMd, kebutuhan zat besi pada ibu hamil meningkat 3 kali lipat dibanding mereka yang tidak hamil, dan biasanya jumlah ini agak susah dipenuhi hanya dari makanan saja, inilah salah satu alasan mengapa ibu hamil memerlukan makanan kesehatan yang mengandung zat besi.

2. Kalsium. Unsur kalsium diperlukan si janin dalam pembentukan tulang dan gigi, disamping untuk menjaga kekuatan tulang ibu hamil. Berbeda dengan zat besi, kebutuhan wanita hamil terhadap kalsium tidak meningkat, namun masalahnya, banyak ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan kalsium atau vitamin D dari makanan yang mereka konsumsi. Suplemen kehamilan umumnya mengandung kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang direkomendasikan para ahli.

3. DHA. Mayoritas suplemen kehamilan mengandung asam lemak Omega-3 khususnya dalam bentuk docosahexaenoic acid (DHA). Beberapa penelitian telah membuktikan peran penting DHA dalam proses pembentukan organ otak serta dalam proses sistem penglihatan si janin dalam rahim. Beberapa jenis ikan khususnya ikan laut dikenal sebagai sumber DHA yang baik. Untuk memenuhi kebutuhan DHA selama masa kehamilan, para ahli sering merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan kesehatan yang mengandung DHA. Khusus untuk kebutuhan ibu hamil, mereka menyarankan 200 mg DHA per hari.

Baca juga: 7 Jenis sayuran terbaik untuk bahan jus

4. Folat. Komponen nutrisi ini diperlukan ibu hamil untuk menghindari cacat bayi saat lahir khususnya kecacatan pada sumsum tulang belakang dan organ otak. Cacat pada sistem jaringan syaraf terjadi jauh sebelum perkembangan janin, bahkan sebelum para wanita menyadari bahwa mereka sedang hamil. Oleh karenanya pada ahli merekomendasikan supplemen yang mengandung folat sejak pasangan suami istri merencanakan kehamilan mereka. Untuk mengurangi resiko cacat saat lahir, para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi 400-600 mikrogram asam folat setiap harinya.

Manfaat suplemen kehamilan

Suplemen kesehatan khusus ibu hamil memang tidak diciptakan untuk menjamin pertumbuhan si janin dalam rahim bunda, namun ia berperan untuk melengkapi jumlah nutrisi penting yang dibutuhkan baik oleh bunda maupun si janin. Tetap yang utama adalah konsumsi makanan sehat dengan porsi yang cukup.

Suplemen kehamilan secara khusus direkomendasikan bagi mereka yang memiliki pola makan tertentu misalnya ibu hamil yang jarang makan ikan, atau mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian, mereka akan kekurangan asupan vitamin B12, zat beri, zinc, vitamin D, dan DHA.

Baca juga: 7 Jenis cemilan sehat untuk balita

Jika seorang ibu hamil merasa khawatir akan kurangnya konsumsi vitamin dan mineral selama masa kehamilanya, mereka dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan dan meminta dokter meresepkan suplemen makanan yang sesuai dengan kebutuha ibu hamil.

Pastikan untuk selalu mengkuti anjuran dokter dalam hal dosis serta cara menggunaannya. Mengkonsumsi suplemen kehamilan yang tidak sesuai anjuran dokter berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan bak pada ibu hamil maupun si janin.

Sumber

  • http://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/nutrition-vitamins-11/prenatal-vitamins?page=1
  • http://www.babycenter.com/0_folic-acid-why-you-need-it-before-and-during-pregnancy_476.bc
  • http://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/recommendations.html

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru