09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Susu kedelai sebagai pengganti susu sapi si kecil, Bolehkah?

KategoriNutrisi
Di lihat5549 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bolehkah si kecil diberi susu kedelai?

Para ahli tumbuh kembang anak merekomendasikan ayah bunda untuk memberikan susu yang merupakan bagian empat sehat lima sempurna. Susu sapi adalah rekomendasi terbaik karena mengandung nutrisi lengkap berupa lemak, protein, serta mineral dan vitamin yang diperlukan mereka agar pertumbuhanya optimal. Saat ini sangat banyak merek susu sapi di pasaran baik dalam bentuk cair ataupun serbuk.

Baca juga: 6 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan multivitamin

Bagaimana jika si kecil sensitif atau alergi dengan susu sapi, apakah boleh diberikan susu kedelai sebagai penggantinya? Para ahli memastikan tidak masalah jika si kecil menyukai susu kedelai tersebut, namun demikian, ada beberapa hal yang perlu ayah bunda ketahui seputar pemilihan jenis susu kedelai yang tepat bagi si buah hati:

1. Hindari susu kedelai rendah lemak. Si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan memerlukan asupan nutrisi yang optimal termasuk diantaranya adalah lemak. Lemak diperlukan si kecil salah satunya untuk pertumbuhan otak mereka. Khusus bagi mereka yang punya sejarah penyakit hipertensi, penyakit jantung, dan kegemukan, biasanya dokter akan merekomendasikan susu rendah lemak di awal-awal usia pertumbuhan mereka.

Baca juga: 9 Cara alami redakan pilek si buah hati

2. Pilih susu kedelai yang sudah dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Beberapa merek susu kedelai biasanya sudah di lengkapi dengan vitamin A, vitamin D serta kalsium. Jika si kecil tidak mengkonsumsi susu sapi, mungkin perlu dipertimbangkan agar si kecil mengkonsumsi jenis makanan yang tinggi akan kalsium, seperti: brokoli, keju, yoghurt, serta jus buah dalam kemasan yang juga biasanya sudah diberi tambahan kalsium. Susu kedelai diketahui mengandung phytates, yaitu molekul organik yang juga umum terdapat pada biji-bijianĀ  dan kacang-kacangan. Phytates diketahui dapat mengurangi proses penyerapan kalsium dan mineral lainnya oleh tubuh.

3. Karena susu kedelai berasal dari tumbuhan, maka secara alami tidak mengandung vitamin B12, yang hanya dapat ditemukan pada jenis makanan hewani termasuk susu sapi. Oleh karenanya pastikan ayah bunda memberikan makanan pelengkap lainnya yang mengandung viramin B12. Mengkonsumsi susu kedelai dengan cereal yang sudah ditambahkan vitamin adalah alternatif bagus untuk memastikan angka kecukupan vitamin dan nutrsi si kecil.

Baca juga: Tips menangani luka memar pada balita

4. Menurut para ahli, jika si kecil alergi dengan susu sapi, ada kemugkinan kecil si buah hati juga akan alergi dengan susu kedelai, apalagi jika dalam keluarga ada anggota lainnya yang mengalami alergi susu sapi. Saat pertama kali memberikan susu kedelai pada si kecil, berikan dengan porsi kecil terlebih dahulu, jika tidak masalah, ayah bunda dapat menambah jumlah volumenya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru