09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tahapan kemampuan menulis dan menggambar si kecil

KategoriParenting
Di lihat2808 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

ini dia tahapan kemampuan menulis dan menggambar si kecil

Saat si kecil memegang krayon atau pensil untuk pertama kalinya, ayah bunda mungkin melihat coretan mereka samasekali bukan huruf atau angka melainkan berupa garis acak atau pola benang kusut, namun taukah ayah bunda, gambar acak yang mereka buat adalah tangga untuk lebih cepat menguasai ABC, saat waktunya tiba.

Umumnya si kecil yang berusia 12 atau 13 bulan sudah bisa memegang alat tulis dan menggunakanya diatas kertas. Kemampuan menulis dan menggambar mereka akan meningkat secara perlahan. Saat usia mereka menginjak 3 tahunan, umumnya mereka sudah bisa menggambar sesuatu dan menuliskan beberapa abjad diatas kertas.

Baca juga: Waspada, gejala cyctic fibrosis pada anak

Usia 12 sampai 18 bulan

Saat usia mereka menginjak tahun pertama, kemampuan motorik mereka berkembang pesat, termasuk salah satunya adalah kemampuan untuk mengambil, memegang, dan menggunakan alat tulis. Sebagian anak dengan usia 12 atau 13 bulan, sudah mampu menggerakan alat tulis diatas kertas membentuk pola coretan. Jika si buah hati belum bisa, ayah bunda tak perlu khawatir karena memang kemampuan anak dapat berbeda-beda. Saat usia mereka menginjak 16-18 bulan, mereka umumnya sudah cukup mahir menggoreskan alat tulis membentuk pola-pola tertentu.

Usia 19 sampai 25 bulan

Di usia ini coretan-coretan si kecil mulai berbentuk, meski mereka belum bisa menulis abjad. Mereka akan lebih semangat saat menggunakan krayon. Jangan kaget jika di usia tersebut mereka sering menggunakan dinding sebagai kanvas lukisanya. Mereka bisa menghabiskan waktu cukup lama saat berkonsentrasi dengan goresan warna warni yang mereka buat.

Baca juga: 6 Jenis makanan super untuk bayi dibawah 1 tahun

Usia 26 sampai 30 bulan

Di usia ini mereka tidak hanya membuat coretan-coretan acak, gambar yang meraka buat sudah berbentuk dan mereka lebih fokus dengan aktivitas mewarnai dan melukis. Mereka akan senang dan serius saat mewarnai objek-objek yang mereka sukai. Gambar yang mereka buat mungkin tampak sebagai kumpulan titik-titik bagi ayah bunda, namun coba tanyakan gambar apa itu, mereka mungkin mengatakan itu gambar semut yang sedang mencari makan.

Usia 31 sampai 36 bulan

Kebanyakan anak yang menginjak usia ini sudah bisa memegang alat tulis seperti posisi menulis. Mereka juga sudah bisa membuat bentuk lingkaran sederhana, meski belum sempurna, sebagian anak bahkan sudah bisa menuliskan beberapa abjad atau angka. Jika si kecil belum menunjukan skil sebagaimana disebutkan sebelumnya, ayah bunda tidak perlu khawatir, apalagi ‘memaksakan’ agar si buah hati dapat menulis. Para ahli mengatakan bahwa skil menulis tidak memiliki acuan usia secara pasti.

Baca juga: 6 Hal pemicu sakit perut pada bayi

Skil menulis balita

Saat si kecil menginjak usia 3-4 tahun, kemampuan memegang alat tulis semakin ahli. Skil menggambar dan menulis mereka mulai nampak jelas, umumnya mereka sudah bisa menuliskan nama depan mereka dengan huruf kapital sebelum mereka masuk TK, khususnya jika mereka sudah dikenalkan huruf-huruf sebelumnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru