09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Temui dokter jika 6 hal ini terjadi pada ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat866 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hati-hati komplikasi selama kehamilan berikut ini

Saat bunda mengandung, terjadi banyak perubahan pada tubuh bunda baik secara fisik maupun hormonal. Yang nampak jelas adalah perut yang semakin bertambah besar, otomatis berat badan juga bertambah. Selama masa kehamilan, perkembangan  si janin termasuk kondisi tubuh bunda harus rutin di pantau oleh dokter kandungan.

Baca juga: 5 Tanda si kecil mengalami radang tenggorokan

Saat terjadi perubahan atau gejala yang tidak biasa dan menghawatirkan ayah bunda, sebaiknya segera menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan lanjut. Berikut adalah beberapa kondisi pada ibu hamil yang mengharuskan bunda untuk segera menemui dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lanjut:

1. Demam. Saat bunda sedang terserang flu, mengalami demam adalah hal yang lumrah, namun jika ibu hamil mengalami demam tanpa diketahui penyebab pastinya, segera temui dokter. Demam adalah gejala yang dapat dikaitkan dengan beragam kondisi gangguan kesehatan termasuk diantaranya adalah infeksi saluran kencing yang harus mendapatkan penanganan medis segera.

2. Perubahan pola gerak janin. Menurut seorang pakar kandungan dari the Royal Australian and New Zeland College of Obstetricians, Dr. Gino Pecoraro, janin yang sudah cukup besar, normalnya bergerak setidaknya sekitar 10 kali dalam sehari. Saat bunda mendapati gerakan si janin berubah secara drastis, sebaiknya bunda segera menemui dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi si janin.

Baca juga: 6 Alasan bunda harus membatasi jam TV si kecil

3. Pening berkepanjangan. Sebenarnya pusing adalah gejala umum dari kehamilan. Kecepatan aliran darah dalam ibu hamil meningkat dan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Terkadang hal ini disertai dengan kondisi sistem peredaran darah yang tidak cukup cepat mengantarkan oksigen ke otak, akibatnya bunda dapat mengalami gejala pusing terutama saat bangun dari duduk atau berbaring dengan cepat. Sering merasakan pening dibagian kepala juga dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi, serta tingginya kadar gula dalam darah. Inilah yang menyebabkan sebaiknya bunda segera berkunjung ke dokter saat sering mengalami pusing selama masa kehamilan.

4. Pendarahan. Munculnya pendarahan dari daerah kewanitaan dapat merupakan gejala serius, terutama jika darah yang keluar berwarna merah terang dan dalam jumlah yang cukup banyak. Saat bunda bangun dari tidur dan bunda mendapati adanya pendarahan, mesti tidak disertai rasa sakit, sebaiknya segera temui dokter untuk pemeriksaan lanjut.

5. Jatuh. Sesaat setelah bunda mengalami kecelakaan jatuh yang cukup keras, selalu waspada akan munculnya gejala kontraksi, pendarahan, atau perubahan frekuensi gerak si janin. Salah satu dampak berbahaya dari ibu hamil yang jatuh adalah adanya pergeseran atau terangkatnya plasenta yang dapat menyebabkan sedikit darah si janin masuk kedalam sistem peredaran darah bunda. Kondisi ini cukup berbahaya karena tubuh bunda dapat bereaksi dengan cara menghasilkan antibodi sebagai respon adanya darah si janin.

Baca juga: Sakit mata pada anak balita

6. Sakit pinggang tak biasa. Yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah jenis sakit pinggang yang muncul dan hilang secara bergantian dan terus menerus. Beberapa kasus wanita yang mengalami kelahiran prematur mengaku sering mengalami sakit jenis ini didaerah sekitar pinggang. Saat bunda mengalami kondisi ini, segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru