09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips agar bayi ayah bunda bisa cepat bicara

KategoriBayi
Di lihat2528 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara agar bayi bisa cepat berbicara

Penelitian terbaru membuktikan pentingnya percakapan satu arah dengan bayi. Hal ini ternyata dapat membantu mengaktifkan bagian auditori pada otak yang mempengaruhi kemampuan berbicara bayi. Sebuah studi di The University of Washington yang melibatkan 57 bayi berusia 7 hingga 11 bulan ditemukan bahwa kata-kata yang diperdengarkan pada bayi dalam suatu interaksi sosial dapat menstimulasi bagian otak yang mengatur fungsi untuk menghasilkan kata-kata (berbicara).

Artikel menarik lainya: Bahaya asap rokok bagi si kecil

Aktivitas otak bayi dipantau melalui alat khusus dengan menggunakan suatu metode yang disebut magnetoencephalography. Setiap bayi mendengarkan serangkaian kata-kata dalam bahasa ibu dan bahasa asing seperti “da” dan “ta”. Sementara itu, para peneliti mengamati aktivitas otaknya.

Bagian otak yang dipantau adalah bagian auditori yang mempengaruhi kemampuan berbicara. Penelitian ini menunjukkan bahwa bayi berusia 7 bulan sudah mulai mencoba merespon ketika diajak bicara. Otak bayi pada usia ini mulai aktif menemukan cara (pergerakan pada organ bicara) yang tepat untuk menghasilkan kata-kata.

Baca juga: Makanan sumber magnesium terbaik untuk si kecil

Patricia Kuhl, assisten direktur Institute for Learning and Brain Sciences di The University of Washington menyebutkan bahwa walaupun bayi biasanya mulai berceloteh pada usia 7 bulan, ia baru bisa diajarkan berbicara pada usia 12 bulan.

Aktivasi pada otak bayi berusia 7 bulan ketika mendengarkan kata-kata dari bahasa ibu maupun kata-kata asing menunjukkan bahwa otak bayi merespon segala jenis kata-kata. Namun, pada bayi berusia 11 hingga 12 bulan, aktivitas otak tampak meningkat pada saat ia diperdengarkan kata-kata asing. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman mendengarkan kata-kata bahasa ibu pada bulan-bulan sebelumnya telah membantu membangun persepsi bahasanya.

Cek juga artikel ini: Inilah 7 jenis makanan super untuk si buah hati

Penelitian ini membuktikan pentingnya berbicara pada bayi dalam suatu interaksi sosial, meskipun mereka belum bisa merespon balik. Dengan mendengarkan kita bicara, otak bayi berlatih bagaimana menghasilkan kata-kata bahkan sebelum mereka siap mulai berbicara.

Tips melatih kemampuan bicara bayi

Berikut adalah beberapa tips mengajarkan si kecil berbicara sejak dini:

  • Menangis adalah cara bayi berkomunikasi. Saat ia menangis, tanggapi dengan kata-kata lembut.
  • Tanggapi celotehannya. Bayi biasanya mulai bisa berceloteh pada usia 7 bulan seolah ia ingin mengatakan sesuatu. Bicaralah pada si kecil seolah ayah dan bunda mengerti apa yang ingin dikatakannya.
  • Bicaralah menggunakan suara yang lembut, perlahan-lahan, dan jangan lupa melakukan kontak mata. Bicaranya dengan kata-kata yang jelas, dan jangan dicadel-cadelkan.
  • Seringlah berbicara pada si kecil. Misalnya dengan menjelaskan apa yang anda lakukan seperti, membuatkannya makanan, mengganti popoknya, dan sebagainya.
  • Nyanyikan lagu-lagu untuknya atau putarkan lagu anak-anak. Lebih baik lagi kalau kita melakukannya sambil menari, bergoyang-goyang, atau bertepuk tangan.
  • Bacakan buku cerita. Pilih buku cerita yang bergambar dan berwarna menarik.
  • Jangan biarkan si kecil menonton TV sendirian karena TV bukanlah alat interaksi. Temani ia dan jelaskan apa yang sedang ditontonnya.
  • Ajari anak cara bersosialisasi. Ajak ia berkumpul dengan teman sebayanya dan ajarkan ia menyapa.
  • Hindari bicara bilingual. Bicaralah dengan 1 bahasa hingga ia memahami struktur bahasanya.
  • Bila si kecil mulai memperhatikan hal lain ketika diajak bicara, jangan dipaksa. Berhentilah dan coba lagi di waktu yang lain.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru