09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips aman si buah hati saat berada disekitar air

KategoriParenting
Di lihat434 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

waspada bahaya tenggelam disekitar rumah

Si kecil yang semakin aktif  bergerak serta rasa ingin taunya yang semakin bertambah membuat ayah dan bunda harus lebih waspada saat mereka bermain di dekat air. Tak hanya disekitar kolam renang saja, di kamar mandipun bunda harus berhati-hati-hati karena dalam waktu singkat dan dengan sedikit air sudah dapat memicu kecelakaan yang mampu membahayakan si buah hati.

Baca juga: 6 Tips agar si kecil tak gampang sakit

Bila balita bermain di dekat air, misalnya di dekat kolam renang, bak mandi, atau bahkan seember air di halaman, ayah dan bunda harus selalu mendampingi mereka. Pastikan si kecil berada dalam jangkauan ayah dan bunda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bila ayah dan bunda memiliki kegiatan lain sehingga tidak bisa mengawasi si kecil sepanjang waktu, sebaiknya jauhkan si kecil dari air dan ajak ia melakukan kegiatan lain.

Tips aman disekitar rumah

Selalu pastikan wadah berisi air seperti bak mandi, ember berisi air, drum penampung air, atau aquarium berada cukup aman dan jauh dari jangkauan si kecil. Banda-benda yang tampak tidak berbahaya ini bisa menjadi bencana bila si kecil bermain tanpa pengawasan di dekatnya. Terapkan kebiasaan baru untuk mengosongkan setiap wadah air termasuk ember setelah digunakan atau menutup rapat tempat-tempat air tersebut.

Baca juga: Resep jus brokoli untuk optimalkan pertumbuhan si kecil

Tips aman disekitar kolam

Di beberapa kolam renang umum telah ada peraturan mengenai pemasangan pagar disekitar kolam renang. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan khususnya pada anak di bawah umur. Bila di rumah terdapat kolam renang atau kolam ikan, pasang pagar pengaman untuk menghindari si kecil bermain terlalu dekat dengannya. Ingatkan para tetangga untuk memasang pagar pengaman pula pada kolam di lingkungan rumah mereka.

Tips aman di kamar mandi

Sebagaimana disampaikan seblelumnya, tidak hanya kolam renang, wadah air dan kamar mandi juga bisa berbahaya bagi si kecil bila ia bermain di dalamnya tanpa pengawasan. Untuk itu ada beberapa metode pengamanan yang bisa dilakukan.

1. Bila dikamar mandi ayah bunda menggunakan pemanas air, turunkan suhu pemanas air hingga 48,9 derajat celcius. Hal ini untuk berjaga-jaga bila si kecil bermain dengan kran pemanas air tersebut. Balita di bawah 2 tahun sudah dapat meraih wastafel toilet dan bermain dengan air di dalamnya. Karenanya, ayah dan bunda perlu memasang kunci toilet.

Baca juga: 7 Jenis sayuran terbaik untuk bahan jus

2. Jangan lupa juga untuk menutup semua stop kontak di kamar mandi. Perlengkapan kamar mandi termasuk toilet, keran, bak mandi, dan wastafel harus memenuhi unsur keamanan bagi si kecil. Pilihlah perlengkapan kamar mandi yang berujung tumpul sehingga tidak membahayakan. Bila perlu, pasang karpet anti selip untuk mencegah balita terpelesat di kamar mandi.

Minta bantuan tenaga ahli

Beberapa tempat kursus renang menyediakan  program khusus bagi balita. Bila anda tertarik untuk mengajarkan si kecil berenang, pilih tempat kursus yang menawarkan program water safety education atau pendidikan keselamatan di air. Tempat kursus renang harus paham cara menghindari dan mengatasi berbagai situasi berbahaya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru