09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips bagi bunda yang sedang merencanakan kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat467 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang harus dipersiapkan dalam menyambut datangnya kehamilan?

Saat ayah bunda memutuskan utuk segera memiliki buah hati, mungkin ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup ayah bunda setelah ikatan pernikahan yang sebelumnya sudah dilakukan. Bagi bunda yang belum pernah mengandung sebelumnya, kehamilan adalah sesuatu yang menegangkan sekaligus menggembirakan. Tidak lama lagi status bunda akan berubah menjadi seorang ibu yang memengemban tuga-tugas mulia.

Memiliki bayi adalah keputusan bersama antara ayah dan bunda, jadi ada baiknya sebelum si kecil tumbuh dalam rahim, ayah bunda berdiskusi seputar apa saja yang harus dipersiapkan serta kesiapan masing-masing untuk menjadi ayah dan bunda bagi si buah hati. Pada awalnya, mungkin ada banyak hal yang masih asing seputar mengurus, membesarkan, dan mendidik anak, namun percayalah, semua ayah bunda memiliki potensi untuk menjadi orang tua terbaik bagi si kecil.

Baca juga: Manfaat jangung manis untuk anak

Perubahan rutinitas saat hamil

Kehamilan dan persalinan yang akan dihadapi bunda akan merubah pola rutinitas harian bunda dan tentu saja juga ayah, oleh karenanya, mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental perlu dilakukan. Di awal-awal kehamilan bunda bisa mengalami kondisi kesulitan tidur karena harus bolak-balik ke kamar mandi serta morning sickness yang umumnya ditandai dengan gejala mual muntah, dan lemas. Saat usia kandungan sudah besar di tiga bulan terakhir mungkin bunda akan kesulitan saat tidur dengan posisi biasa, akibat perut yang sudah besar.

Dukukan dari ayah selama bunda mengandung sangatlah penting. Kondisi diawal kehamilan yang mungkin membuat bunda kepayahan akibat morning sickness, menjadikan support emosional dan menjamin pemenuhan kebutuhan nutrisi bunda adalah salah satu peran ayah yang harus dijalankan.

Baca juga: 7 Jenis makanan berserat tinggi untuk balita

Gaya hidup bunda hamil

Menjaga asupan nutrisi yang cukup dan berimbang disarankan ahli tidak hanya saat bunda mengandung, namun juga pada saat ayah bunda merencanakan kehamilan. Pada tahap ini sebaiknya bunda sudah mulai fokus dengan pola asupan nutrisi yang mendukung program kehamilan. Sebagian ahli merekomendasikan bunda untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan suplemen kehamilan jika diperlukan. Ayah bunda dapat menemui dokter kandungan untuk mendapatkan saran profesonal.

Gaya hidup sehat seperti olah raga rutin, menghindari bergadang, asap rokok, kondisi stress berkepanjangan, dan pekerjaan-pekerjaan berat harus diterapkan bunda. Saat awal-awal kehamilan, posisi sel telur yang sudah dibuahi sperma belum menempel dengan kuat pada dinding rahim sehingga guncangan akibat dari kendaraan bermotor dapat menganggu proses kehamilan.

Kapan bunda bisa hamil?

Sebagian bunda dapat segera hamil dalam beberapa waktu setelah pernikahan, namun sebagian lagi bisa menunggu bertahun-tahun sebelum si buah hati datang. Yang terpenting bagi ayah bunda untuk menjaga pola hidup sehat dan menghindari stress belebih.

Baca juga: Yang harus diperhitungkan saat memilih susu anak

Mempersiapkan kehamilan bukan hanya sekedar menyiapkan baju dan perlengkapan bayi saja, namun lebih dari itu persiapan mental, skill parenting, maupun finansial juga perlu dipertimbangkan, agar ayah bunda termasuk si kecil, masing-masing mendapatkan hak sesuai porsinya masing-masing.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru