09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips bagi bunda yang tidak bisa menyusui bayinya

KategoriMenyusui
Di lihat281 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

strategi buat bunda yang tidak bisa menyusui bayinya

Tak diragukan lagi, ASI adalah makanan terbaik bagi si kecil. Akan tetapi terkadang ada beberapa kondisi yang membuat para ibu tidak bisa menyusui bayinya, misalnya saat produksi ASI yang sedikit, rasa sakit yang hebat ketika menyusui, dan sebagainya. Ketidakmampuan untuk memberikan ASI eksklusif terkadang menimbulkan kekhawatiran bagi si ibu.

Apakah si kecil akan memperoleh cukup nutrisi yang dapat menunjang IQ yang tinggi? Apakah si kecil tidak akan beresiko mengalami obesitas? Apakah sistem imun si kecil akan berkembang dengan normal? Segala kekhawatiran tersebut sebenarnya bisa ditepis. Berikut adalah beberapa cara mengkompensasi berbagai kelebihan ASI yang tidak bisa didapatkan secara maksimal oleh si kecil, karena bunda tidak bisa menyusui mereka.

Baca juga: 4 Tips menjaga kesehatan mata si kecil

Mencegah obesitas

Para ahli sepakat bahwa anak yang mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan lebih jarang mengalami obesitas. Ketika si kecil berusia 6 bulan dan mulai mengkonsumsi makanan semi padat, berikan ia berbagai macam sayur dan buah. Selain mencegah obesitas, buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi perkembangan mereka. Disamping itu, memperkenalkan sayuran dan buah-buahan sedini mungkin membuat si kecil terbiasa mengkonsumsinya ketika sudah lebih besar.

Hindari memberi si buah hati jus dalam kemasan karena biasanya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi untuk ukuran bayi serta minim nutrisi. Lebih baik, berikan air putih kepada bayi berusia 6 bulan ke atas sebagai sumber cairan yang sehat. Bayi berusia dibawah 6 bulan tidak perlu diberi air, karena kebutuhan cairannya bisa terpenuhi dari ASI dan susu formula.

Selain air putih, ayah bunda juga bisa memberikan jus buah atau sayur buatan sendiri. Jus buah asli mengandung banyak serat dan berbagai nutrisi penting. Akan tetapi, jangan memberikan jus buah secara berlebihan karena dapat memicu diare. Anak berusia 1 hingga 6 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi jus lebih dari 170 ml setiap harinya.

Baca juga: Tips menurunkan berat badan pasca persalinan

Meningkatkan imunitas

Salah satu kelebihan utama ASI adalah mengandung antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Akan tetapi, bukan berarti anak yang mengkonsumsi susu formula tidak dapat memiliki imunitas yang kuat. Pastikan si kecil memperoleh imunisasi yang lengkap untuk menunjang kekebalan tubuhnya terhadap berbagai jenis penyakit berbahaya.

Biasakan mencuci tangan bunda dan si kecil setiap selesai berkegiatan dan ketika mau makan. Disamping itu, lebih baik jauhkan bayi yang baru lahir dari keramaian untuk menghindari kemungkinan bayi terinfeksi virus. Juga adalah hal yang penting bagi seluruh orang dewasa  di rumah untuk memperoleh vaksin pertusis untuk menghindari penyakit berbahaya ini. Orang dewasa yang mengidap pertusis beresiko menularkannya pada anak-anak.

Meningkatkan kecerdasan

Untuk meningkatkan IQ anak-anak, membaca bersama adalah salah satu kegiatan yang paling efektif. Membaca bersama dapat meningkatkan kemampuan si kecil berimajinasi, meningkatkan jumlah kosakata, dan merupakan kegiatan yang efektif untuk menanamkan nilai moral dan budi pekerti. Para orang tua juga dianjurkan untuk menjauhkan televisi, komputer, tablet PC, dan video game dari anak-anak di bawah 2 tahun. Pasalnya, interaksi dengan orang-orang di sekitarnya merupakan cara terbaik bagi si kecil untuk belajar, bukan melalui alat-alat tersebut.

Baca juga: Informasi seputar pertumbuhan gigi si kecil

Meningkatkan kedekatan antara bunda dan si kecil

Menyusui memang merupakan slah satu kegiatan yang efektif dalam meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan anak. Akan tetapi, hal ini juga bisa didapatkan tiap kali kita menggendong si kecil, memberinya susu formula, memandikannya, atau ketika kita melakukan pijat khusus bayi. Bila bunda masih bisa menyusui si kecil meskipun dalam jumlah sedikit, lakukan saja. Menyusui meningkatkan kontak antara kulit bunda dan si kecil yang dapat meningkatkan hubungan emosional.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru