09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips dan trik mengatasi balita yang susah mandi

KategoriParenting
Di lihat724 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips aman di kamar mandi bagi si kecil

Beberapa anak balita susah mandi dengan berbagai alasan, entah itu karena takut air, takut matanya perih kena sampo, atau sedang punya luka yang perih jika terkena air. Adalah tantangan bagi ayah bunda agar si kecil mau mandi setiap hari demi menjaga kebersihan tubuhnya.

Kebiasaan mandi setiap hari penting dibangun sejak kecil, tanamkan kepada mereka tentang manfaat mandi agar mereka termotivasi untuk mandi. Jika si kecil menolak mandi, cari tau apa yang membuat si kecil menolak mandi, kemudian temukan solusinya.

Berikut adalah beberapa tips sederhana agar si kecil mau dengan sukarela mandi setiap hari:

1. Jadikan waktu mandi sebagai waktu yang menyenangkan. Gunakan mainan air atau gelembung sabun untuk menarik agar si kecil mau masuk ke kamar mandi. Sebagai alternatif, bisa juga bunda menyediakan peralatan mandi termasuk sabun dan sikat gigi dengan warna dan karakter yang disukai mereka. Anak kecil biasanya tidak suka air dingin, untuk menyiasatinya gunakan air hangat untuk mandi.

2. Jika si kecil takut air atau takut matanya kemasukan sabun, bunda bisa membelikan si kecil kacamata berenang untuk melindungi matanya dari percikan sabun atau sampo. Mengajaknya untuk berenang dikolam renang atau membiarkan si kecil bermain dengan selang air dapat membantu menghilangkan ketakutannya terhadap air.

3. Jika si kecil benar-benar tidak mau mandi sampai menangis histeris dan tidak bisa dibujuk, sebaiknya bunda tidak memaksanya untuk tetap mandi. Jika diperlukan gunakan air hangat dan spons untuk menyeka si kecil sampai dia siap untuk mandi. Sebagai alternatif bisa juga mengajak si kecil mandi bersama dengan kakak, adik atau teman-temanya untuk mengatasi ketakutan mereka terhadap air.

4. Jika si kecil menolak mandi karena mempunyai luka ringan karena takut perih, berikan pengertian bahwa bagian yang luka tidak perlu disiram air, atau gunakan plester atau plastik untuk menutup lukanya jika memungkinkan.

Tips aman di kamar mandi bagi si kecil

1. Jangan tinggalkan si kecil berendam sendiri di bath tub, pastikan bunda mematikan kran air yang mengarah bath tub.

2. Pastikan suhu air tidak lebih dari 50oC. Coba dulu dengan tangan ayah bunda untuk memastikan si kecil tidak kepanasan

3. Simpan jauh-jauh alat listrik, alat cukur, gunting, atau obat-obatan yang ada dikamar mandi dari jangkauan si kecil.

4. Jika sedang tidak digunakan, tutup kloset dengan rapat. Jika dikamar mandi terdapat cairan pembersih lantai atau toilet, jauhkan dari jangkauan si kecil dan pastikan kemasanya tertutup rapat.

5. Agar tidak licin, pasang karet atau lantai anti slip untuk menutup lantai kamar mandi. Yang paling penting, upayakan agar ayah bunda menemani si kecil mandi untuk memastikan keamanannya.

Sumber gambar: a-fotografy.co.uk
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru