09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips melatih si kecil agar terbiasa minum dari gelas

KategoriBayi
Di lihat1274 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips melatih si kecil agar terbiasa minum dari gelas

Saat si kecil mulai belajar minum menggunakan gelas, mereka perlu melakukan banyak sekali penyesuaian. Tidak ada aturan atau panduan khusus untuk melakukannya, sehingga penyesuaian tersebut bisa menjadi agak sulit. Minum dari gelas membutuhkan kemampuan memegang dan kordinasi antara mata dan tangan yang baik. Namun, si kecil harus tetap diajarkan minum dari gelas karena hal ini bisa melatih kemandirian dan kepercayaan dirinya.

Baca juga: Rumus pengukur obesitas untuk si kecil

Melatih bayi minum dari gelas

Bayi berusia 6 bulan mulai bisa dilatih menggunakan gelas untuk minum. Mulailah dengan mengunakan gelas khusus untuk berlatih minum atau yang biasa disebut “sippy cup”. Sippy cup biasanya dilengkapi dengan dua buah pegangan di sisinya dan moncong pada penutupnya. Isilah sippy cup dengan ASI yang diperas, susu formula, atau air. Dekatkan sippy cup ke mulut bayi dan gulingkan sedikit sehingga cairan di dalamnya masuk ke mulut si kecil.

Biasanya, si kecil akan senag ketika merasakan minuman memasuki mulutnya. Biarkan cairan tersebut keluar kembali dari mulut bayi segera setelah bunda menjauhkan sippy cup dari mulut bayi. Hal ini normal karena pada usia ini bayi belum belajar menutup mulutnya dan menelan. Tetaplah bersabar, dan terus lakukan hal ini secara perlahan. Si kecil nanti akan menemukan sendiri cara minum yang benar, walaupun mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan.

Baca juga: Hati-hati, si kecil over dosis obat penurun panas!

Ketika sudah mulai terbiasa minum dari sippy cup, si kecil mungkin akan membawanya kemana-mana. Ia akan minum seteguk demi seteguk sambil berjalan menjelajahi rumah. Mreka mungkin juga akan suka membawanya ke tempat tidur. Kebiasaaan ini harus dikendalikan, karena minuman manis yang ada di dalam sippy cup bisa menimbulkan kerusakan gigi bila dikonsumsi secara tidak terkontrol. Untuk mengatasinya, berikan minuman dalam sippy cup hanya pada waktu-waktu makan atau waktu memakan kudapan.

Hingga bayi berusia 12 bulan, ia hanya boleh diberi ASI, susu formula, dan air. Setelah itu, ia boleh diberi minuman lain sepeti susu sapi atau jus buah. Namun, karena jus buah (terutama yang dijual di pasaran) banyak mengandung gula, hati-hati dalam memberikannya. Sebaiknya encerkan dahulu jus buah sebelum diberikan dengan mencampur 1 bagian jus buah dengan 2 atau 3 bagian air.

Tips transisi dari botol ke gelas

Baca juga: 4 Tips memupuk skil membaca si kecil

Ikuti beberapa tips untuk membuat perpindahan si kecil dari botol ke gelas menjadi lebih mudah.

  • Tentukan waktu yang tepat untuk melatih anak minum dari gelas. Pada umumnya, si kecil bisa mulai dilatih pada usia 6 bulan ketika ia mulai mengkonsumsi makanan semi padat dan mengenal peralatan makan. Namun, yang penting carilah waktu ketika anak sedang sehat dan merasa nyaman.
  • Jangan memaksa si kecil menggunakan gelas dengan merebut dotnya. Lakukan perpindahan secara bertahap.
  • Pilihlah sippy cup atau gelas dengan desain yang menarik dan lucu untuk menarik perhatian si kecil.
  • Berilah contoh cara memegang gelas yang benar dan biarkan si kecil mengikutinya.
  • Bila si kecil sudah mulai bisa menggunakan gelas, jangan lupa memberikannya hadiah yang menyenangkan seperti pujian, ciuman, atau pelukan.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru