09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips memilih mainan sesuai dengan tahapan usia perkembangan si kecil

KategoriPrilaku
Di lihat662 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tahapan usia dan permainan yang cocok untuk si kecil

Bagi si kecil bermain bukan hanya untuk menghabiskan waktu luang saja, permainan yang sesuai dengan tahapan usia dapat memupuk dan melatih kemampuan gerak, intelektual, dan sosialnya. Jenis mainan yang tepat juga dapat membantu si kecil mengembangkan kemampuan mengespresikan diri, koordinasi antara otak, mata, gerak anggota badan, melatih kreativitas, dan daya imajinasinya.

Oleh karenanya memilih jenis permainan yang tepat sangatlah penting. Dalam memilih jenis mainan, selain faktor sesuai usia dan tahap perkembangan mereka, faktor keamanan juga harus diperhatikan. Pilih jenis yang berlabel ‘Non toxic’ atau menggunakan komponen yang tidak beracun.

Memilih mainan yang tepat bagi si kecil

Dewasa ini sudah banyak mainan berlabel edukatif di pasaran baik yang buatan lokal maupun impor dari luar negeri. Mainan edukatif yang baik tidak hanya sesuai dengan tahap perkembangan si buah hati naumun juga dapat dimainkan dengan banyak cara sehingga dapat merangsang perkembangan fisik, mental, dan intelektual si anak dengan baik.

Hindari memberikan jenis mainan yang yang jauh lebih tinggi dari usia perkembangannya karena dapat membuat si kecil cepat frustrasi pada saat tidak bisa menyelesaikan permainanya, hindari pula memberikan mainan yang lebih rendah dari usia perkembanganya karena mereka akan menjadi cepat bosan dengan mainannya.

Anak usia balita cenderung memerlukan variasi dalam hal permainan, berikan alternatif mainan seperti bola, atau krayon. Mainan yang baik tidak dinilai dengan harga yang mahal, mainan yang murah atau bahkan buatan ayah bunda sendiri bisa saja membuat si kecil asik bermain.

Selain mainan yang dibelikan ayah bunda, mereka juga senang bermain dengan peralatan disekitar rumah termasuk alat dapur, pintu, dan lemari. Pastikan semua benda yang dimainkan si kecil tidak berbahaya, jangan berikan akses pada alat dapur yang tajam, dapat menimbulkan resiko tersedak, atau terbakar.

Tahapan usia dan permainan yang cocok untuk si kecil

1. Usia 15-18 bulan. Di usia ini si kecil mulai mengesplorasi lingkunganya, rasa keingintahuannya sangat besar dan selalu mencoba mempelajari hal baru setiap ada kesempatan. Berikan sekotak peralatan dapur yang aman untuk di acak-acak, atau buku warna bergambar binatang, krayon, kotak makanan, dan permainan teka-teki sederhana. Mainan yang mendorong kemampuan berjalan seperti mainan yang bisa didorong atau ditarik bagus juga diberikan pada mereka. Hati-hati dengan benda kecil seperti krayon dan koin, di usianya, mereka senang memasukan benda-benda kemulutnya.

2. Usia 2 tahun. Di usia ini kemampuan berjalan si kecil sudah semakin baik. Dengan kemampuan berjalanya dia akan mengeksplor bagian-bagian rumah, hilir mudik ke berbagai ruangan. Berikan mainan yang dapat ditendang atau dilempar seperti bola. Mainan balok yang dapat di susun, krayon dan kertas untuk corat-coret bagus juga diberikan pada mereka. Sebagai alternatif, ayah bunda dapat pula memberikan mainan yang dilengkapi dengan lagu-lagu anak, mainan perkakas tukang, telefon, dan peralatan minum teh.

3. Usia 3 tahun. Di usia ini kontrol terhadap mata dan gerakan tangan sudah jauh membaik. Buku bergambar, mainan konstruksi, mainan lilin yang bisa dibentuk, menyusun puzzle, cat air, dan bermain pasir dapat mempertajam koordinasi gerak dan kreatifitas mereka.

4. Usia 3,5 sampai 4 tahun. Di usia ini koordinasi gerak tubuh, tangan, mata, dan kemampuan bersosialisasi mereka sudah jauh membaik. Si kecil sudah dapat mengendarai sepeda roda tiga, mobil-mobilan dan memanjat arena bermain. Daya imajinasinya yang sudah berkembang membuat si kecil senang berkhayal dan berperan sebagai orang dewasa.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru