09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mempersiapkan si buah hati untuk kelahiran adiknya

KategoriParenting
Di lihat1582 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengkondisikan balita saat akan punya adik baru

Saat bunda akan menjalani persalinan dan si kecil akan menjadi kakak, hal ini memang patut dirayakan, namun juga sekaligus penuh dengan tantangan. Si kakak mungkin tampak senang karena akan memiliki adik kecil, namun kenyataanya belum tentu demikian saat ia benar-benar mengetahui apa artinya memiliki seorang adik di rumah.

Memiliki adik berarti ia harus siap berbagi mainan, waktu, dan perhatian dari ayah dan bundanya. Memiliki seorang anggota keluarga baru pastinya mempengaruhi dinamika dalam keluarga, terutama bagi si kakak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ayah dan bunda menyampaikan kabar gembira hadirnya seorang adik di tengah keluarga.

Baca juga: 8 Tips mengatasi susah makan si kecil

Menyampaikan kabar kedatangan si adik

1. Waktu yang tepat adalah ketika kehamilan telah mencapai setengah jalan menuju hari persalinan. Bunda perlu memastikan kehamilan berjalan lancar sebelum memberitahukan kepada si kakak mengenai kabar gembira ini. Selain itu, bunda juga bisa mengalami kesulitan menjelaskan kepada si kecil tentang hal-hal tertentu yang terjadi selama kehamilan seperti morning sickness dan menjawab pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar kelahiran sang adik bila si kakak tahu lebih awal mengenai kehamilan bunda.

2. Carilah cara yang tepat untuk memberitahu si kakak. Contohnya, mampirlah ke toko buku dan beli sebuah buku yang bercerita tentang rasanya memiliki saudara atau adik. Bunda dan si kakak bisa membaca buku tersebut bersama untuk memberi gambaran kepadanya.

3. Bagaimana bila si kakak sangat menginginkan adik laki-laki dan tidak suka saudara perempuan, atau sebaliknya? Bunda bisa menjelaskan kepada si kakak tentang senangnya memiliki adik dengan jenis kelamin tertentu. Bila hal ini bisa membantu, beritahu ia bahwa baik si kakak maupun bunda tidak dapat memilih jenis kelamin tertentu untuk si adik yang akan lahir ke dunia. Atau bila masih sulit bagi sang kakak untuk memahaminya, kita bisa menunggu hingga si adik lahir dan sang kakak sedikit demi sedikit akan terbiasa dengan saudara barunya. Preferensi terhadap adik dengan jenis kelamin tertentu biasanya lambat laun akan hilang dari pikiran anak-anak dan si kakak pun akan mencintai adiknya, apapun jenis kelaminnya.

Baca juga: 4 Tips mengatasi si kecil yang mudah ngambek

Ketika hari persalinan semakin dekat

Ketika hari datangnya si adik semakin dekat, berhentilah meyakinkan sang kakak tentang asyiknya punya adik karena sang kakak mungkin akan justru tidak senang atau iri terhadap sang adik yang dianggapnya pesaing. Sambil menunggu kelahiran si adik, ayah dan bunda bisa merencanakan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan sang kakak ketika bunda tengah repot mengurus bayi yang baru lahir, misalnya mewarnai atau bermain dengan mainan yang asyik.

Rencanakan pula beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan  bersama ketika si adik sedang terlelap. Contohnya, bunda dan si kakak bisa melihat-lihat foto-foto si kakak ketika masih bayi, menonton DVD, mendengarkan audio book  bersama, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk memberi gambaran sederhana bagi si kakak tentang kenyataan yang akan terjadi ketika si adik lahir. Beri ia pengertian bahwa si adik tidak akan langsung bisa menjadi teman bermainnya (bahkan mungkin untuk waktu yang lama), bahwa bayi biasanya sering menangis, dan bahwa bunda akan sering menggendong si adik dan si kakak terkadang harus bermain sendiri. Memang bukan hal yang mudah untuk memberi si kakak pengertian, namun dengan komunikasi yang baik semua akan bisa diatasi.

Setelah si adik lahir

Setelah si adik lahir, libatkan si kakak untuk merawat si adik yang baru lahir. Katakan juga di antara tamu-tamu teman dan keluarga bahwa si kakak adalah favorit si adik dan bahwa ia sudah bisa membantu bunda mengurus si adik. Ketika tamu-tamu berdatangan dan memberi si adik hadiah, berikan juga si kakak sebuah hadiah yang sederhana.

Baca juga: 7 Tips mendisiplinkan si kecil tanpa kekerasan

Akan tetapi, meskipun bunda sudah melakukan yang terbaik, si kakak bisa saja tetap rewel dan merasa tersaingi oleh si adik. Hal ini normal. Berilah si kakak cukup waktu dan perhatian khusus tanpa terbagi dengan si adik. Kita boleh meminta bantuan anggota keluarga yang lain untuk mengurus si kakak, namun jangan sama sekali melepaskannya dan mengurus si adik saja. Sesekali, mintalah bantuan keluarga untuk mengurus si adik supaya bunda bisa bersama si kakak.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru