09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips menangani luka bakar anak berdasarkan keseriusannya

KategoriKesehatan
Di lihat1453 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips menangani luka bakar anak berdasar level keseriusannya

Luka bakar dapat terjadi pada bayi dan balita, potensi si kecil mengalami jenis luka ini lebih besar karena mereka belum bisa memahami bahaya yang ditimbulkan oleh benda-benda panas. Para ahli menggolongkan luka bakar kedalam 3 kelompok berdasarkan tingkat keseriusannya. Pertolongan terhadap luka bakar yang diderita si buah hati, bergantung pada jenis luka bakar yang terjadi.

Baca juga: 5 Potensi kecelakaan disekitar rumah

3 jenis luka bakar

1. Luka bakar tingkat pertama. Luka bakar jenis ini dinyatakan sebagai yang paling ringan karena hanya bagian terluar dari kulit yang terluka. Syaraf pada kulit terluka sehingga timbul rasa nyeri pada bagian yang terkena luka bakar. Daerah yang terluka biasanya memerah dan mungkin sedikit bengkak. Terkadang, luka bakar tingkat pertama tampak seperti bila kulit terbakar sinar matahari.

2. Luka bakar tingkat kedua. Pada luka bakar tingkat kedua, yang rusak adalah lapisan kulit pertama dan kedua. Luka bakar tingkat kedua biasanya lebih terasa sakit daripada luka bakar tingkat pertama. Bagian yang terluka biasanya melepuh dan bengkak.

3. Luka bakar tingkat ketiga. Luka bakar tingkat ketiga dinyatakan yang paling serius. Bagian yang terluka biasanya tampak hangus dan berwarna putih, Karena syaraf pada bagian yang terluka rusak, luka bakar tingkat ketiga biasanya tidak sakit. Akan tetapi, bagian kulit di sekitar luka biasanya terasa sangat sakit.

Baca juga: 6 Tips membawa si kecil makan di luar

Pertolongan untuk luka bakar ringan

Luka bakar tingkat pertama dan kedua tidak tergolong luka bakar yang serius. Luka bakar tersebut biasanya disebabkan kontak kulit dengan sumber panas termasuk air dan benda-benda panas dalam waktu yang singkat. Berikut adalah pertolongan pada luka yang bukan tergolong luka bakar serius.

  • Dinginkan bagian yang terluka dengan cara mengalirkan air ke atasnya atau dengan meletakkan kain bersih yang dibasahi air dingin selama 10 hingga 15 menit. Jangan mengkompres luka dengan es karena bisa menyebabkan rasa sakit di kemudian hari atau menyebabkan bekunya bagian yang terluka.
  • Jangan mengelupas kulit yang terluka karena dapat menyebabkan infeksi. Tutup luka dengan kasa steril, bukan kapas karena bisa menempel pada luka dan terasa sakit ketika diangkat.
  • Jika diperlukan, bawa si kecil ke dokter untuk memperoleh obat-obatan pereda rasa sakit yang aman.
  • Bila kulit si kecil melepuh, jangan mengelupas bagian yang melepuh. Bila lepuhan tersebut besar, sebaiknya hubungi dokter karena ia bisa pecah sewaktu-waktu yang terasa amat sakit.
  • Jangan mengoleskan pasta gigi, salep, tepung, minyak tanah, atau lotion kepada bagian yang terluka. Hal ini bisa mempersulit diagnosa dokter terhadap luka.

Luka bakar tingkat pertama bisa sembuh dalam beberapa hari. Akan tetapi, luka bakar tingkat kedua mungkin membutuhkan 2 minggu untuk dapat pulih. Bila si kecil menunjukkan gejala, rasa sakit atau bengkak yang semakin parah, keluarnya nanah atau bau tidak sedap, bengkaknya kelenjar limfa, atau demam, hal ini mungkin merupakan tanda-tanda infeksi. Segera hubungi dokter bila salah satu gejala tersebut muncul.

Baca juga: 6 Tips meredakan balita marah

Pertolongan untuk luka bakar serius

Bila terjadi luka bakar serius, segera jauhkan si kecil dari sumber panas. Setelah itu, segera bawa si kecil ke rumah sakit. Menangani luka bakar serius sendiri bisa berbahaya. Tutup bagian yang teluka dengan kain atau kasa yang bersih hingga sampai di rumah sakit bila memungkinkan. Jangan melepaskan pakaian yang menempel pada luka bakar karena bisa membuat kulit yang terluka terkelupas. Usakahan pula untuk tidak menyentuh atau bernafas di atas luka bakar karena berpotensi menimbulkan infeksi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru