09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mencegah dan mengatasi luka bakar pada si kecil

KategoriKesehatan
Di lihat908 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hati-hati dengan benda panas. cara mencegah dan mengatasi luka bakar pada bayi dan balita dirumah

Bayi dan balita sangat rentan mengalami luka bakar karena mereka belum memiliki kefahaman dan kemamapuan untuk menjauh dari bahaya yang berpotensi menimbulkan luka bakar atau meminta pertolongan bila terjadi kecelakaan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa ayah bunda lakukan untuk mencegah dan mengatasi luka bakar pada si buah hati

Tips mencegah terjadinya luka bakar pada anak

Baca juga: 5 Tips agar si kecil gak ngompol lagi

1. Selalu letakkan cangkir dan piring yang berisi makanan atau minuman panas di tengah meja dengan pegangan cangkir menghadap ke tengah meja, bukan di tepi. Pastikan juga meletakkannya lebih tinggi dari jangkauan anak-anak.

2. Letakkan wajan penggorengan panas dengan posisi pegangannya mengarah ke dinding. Bila kita meletakkan pegangannya menggantung jauh dari dinding hal ini bisa menarik perhatian si kecil untuk meraihnya.

3. Selalu tes dahulu air untuk mandi si kecil dengan cara mencelupkan siku ke dalamnya. Pastikan suhunya tidak terlalu panas.

4. Jangan menyeterika baju ketika si kecil belum tidur, atau di tempat yang bisa dijangkau mereka. Setelah menyeterika, jangan lupa untuk mencabut steker seterika, menggulung kabelnya, dan menyimpannya aman dari jangkauan anak-anak.

Tips bila terjadi luka bakar pada bayi dan balita

Bila si buah hati mengalami luka bakar, periksa apakah si kecil bernafas dengan normal. Bila iya, lakukan langkah-langkah untuk mendinginkan luka bakar seperti di bawah ini.

  • Lepaskan pakaian bayi, namun jangan sampai membuat kulit yang terbakar ikut terkelupas. Bila tidak bisa, maka biarkan saja.
  • Alirkan air pada luka selama 10 menit. Jangan membasahi seluruh tubuh bayi karena bisa membuatnya masuk angin.
  • Balut luka dengan plastik yang bersih. Jangan membalut luka dengan kain karena bisa menempel pada luka dan membuatnya lebih parah.
  • Karena luka bakar bisa menjadi semakin parah, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter pada hari itu juga.

Baca juga: Tips mudah sterilisasi botol susu bayi

Langsung bawa si kecil ke rumah sakit bila:

  1. Ukuran luka bakar lebih besar dari telapak tangan si kecil.
  2. Luka bakar terjadi pada kaki, tangan, atau organ vital si kecil.
  3. Luka bakar menyebar semakin luas.

Bila luka bakar terjadi pada mulut

Terkadang luka bakar bisa terjadi pada mulut si kecil. Hal ini bisa terjadi karena si kecil meminum susu yang dihangatkan dengan menggunakan microwave. Susu yang dihangatkan dengan microwave panasnya bisa jadi tidak merata sehingga sekalipun sudah dites pada tangan orang dewasa, sebagian susu bisa saja masih terlalu panas. Bila luka bakar terjadi pada mulut, biasanya bibir atau bagian dalam mulut si kecil berwarna lebih merah. Mungkin juga ditemukan adanya lepuhan atau ulkus dangkal pada mulut si kecil. Ulkus adalah kerusakan jaringan epitel yang dilapisi benang fibrin sehingga berwarna putih kekuningan.

Baca juga: Tips mempersiapkan balita menyambut kelahiran adiknya

Bila terjadi luka bakar pada mulut, oleskan teething gel (gel yang direkomendasikan dokter untuk meredakan sakit gusi akibat tumbuh gigi) pada luka. Akan tetapi, jangan lupa ikuti aturan pakai pada kemasan teething gel dan jangan menggunakannya melewati batas yang tercantum pada kemasan. Luka bakar ringan pada mulut biasanya cepat pulih seperti sediakala dalam beberapa hari. Jangan sungkan untuk membawa si kecil ke dokter jika ayah bunda tidak yakin dengan kondisi si buah hati.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru