09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mencegah & meredakan flu selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat696 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips merawat dan mengobati ibu hamil yang terkena flu pilek

Menurut situs WebMD, serangan flu dan pilek pada ibu hamil cenderung lebih parah bila dibandingkan dengan mereka yang sedang tidak hamil. Meski sangat jarang dilaporkan adanya pengaruh flu dan pilek bunda pada si janin, penelitian menunjukan serangan virus flu pada ibu hamil dapat betahan 3 kali lebih lama dibanding ibu yang sedang tidak hamil.

Para ahli juga menilai bahwa kehamilan dapat meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami komplikasi flu seperti pneumonia, sehingga sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari beragam serangan penyakit termasuk flu dan pilek.

Baca juga: 7 Bahan alami untuk redakan sakit si kecil

Pengobatan flu pada ibu hamil

Meski dipasaran ada banyak jenis obat tanpa resep yang dihususkan untuk mengatasi gejala-gejala flu, adalah sangat bijak bila ibu hamil berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi jenis obat tersebut. Harap diingat, kondisi kehamilan sangat sensitif, apa pun yang dikonsumsi bunda akan berdampak pada si janin, termasuk obat-obatan yang bunda minum.

Sebagai gambaran umum, dokter biasanya akan memberikan obat dan merekomendasikan perawatan untuk mengatasi flu dan pilek, kecuali kondisi mengharuskan bunda untuk di rawat di rumah sakit. Rekomendasi tersebut dapat berupa:

  • Pemberian Acetaminophen, jenis obat ini umum diresepkan dan relatif aman dikonsumsi ibu hamil untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit totot.
  • Larutan garam fisiologis dalam bentuk spray untuk meredakan hidung buntu
  • Pseudoephedrine, jenis obat ini juga sering diresepkan untuk meredakan gejala flu, namun obat ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil yang mengalami hiper tensi khususnya saat kehamilan menginjak trimester pertama.

Jenis obat-obatan diatas dapat diperoleh bebas di apotek tanpa resep, ibu hamil yang bermasud mengkonsumsi obat-obatan tersebut wajib membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasannya.

Baca juga: Mengatasi sembelit pada anak

Meredakan gejala flu secara alami

Sebagai alternatif dalam meredakan gejala flu ringan, ibu hamil dapat mencoba beberapa resep alami berikut ini:

  • Untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan, bunda dapat meminum teh jahe yang sudah ditambahkan 1-2 sendok makan madu kedalamnya.
  • Sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat serta pastikan bunda mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dalam jumlah yang cukup.
  • Pastikan pula untuk mimum cukup air terutama air putih. Bunda juga dapat menambahkan menu jus atau sup ayam hangat untuk meredakan gejala flu. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein.

Tips menghindari flu selama kehamilan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat bunda lakukan agar terhindar dari serangan flu dan pilek:

  • Biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun setelah beraktifitas diluar dan sebelum makan
  • Hindari kontak dengan orang yang terkena flu. Bunda juga dapat menggunakan masker untuk meminimalisir resiko terkena flu saat berinteraksi dengan mereka yang terinfeksi virus flu.

Baca juga: Tips menjaga kulit halus si buah hati

Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mengucek mata, terutama sebelun mencuci tangan. Salah satu penyebaran sumber penyakit ter masuk flu adalah lewat sentuhan tangan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru