09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mengatasi balita yang suka menggigit kuku

KategoriParenting
Di lihat3520 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips mengatasi kebiasaan menggigit kuku si kecil

Bagi orang tua yang anaknya tidak mengalami kondisi ini mungkin akan heran, kok bisa ya anak balita suka menggigit kuku? Kebiasaan menggigit kuku bisa bisa dialami oleh orangd ewasa, remaja, atau balita. Para ahli menduga kebiasaan ini dipicu oleh beragam faktor yang berkaitan dengan pikologis seperti kebosanan, stress, kegelisahan, rasa tidak nyaman, rasa penasaran, atau hanya sekedar kebiasaan. Kebiasaan mengigit kuku mirip dengan kebiasaan mengigit-gigit rambut, menggaruk hidung, menggemeretakkan gigi, atau menghisap jempol.

Baca juga: Tips menangani luka memar si kecil

Saat ayah bunda mendapati si kecil mulai menggigit kuku, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan pemicunya. Beragam kondisi yang melibatkan perubahan lingkungan si kecil termasuk saat mereka mulai mengikuti playgroup, adanya hewan peliharaan baru dirumah, atau lahirnya adik baru mungkin menjadi pemicu kebiasaan si kecil tersebut.

Perlukah si kecil dibawa ke psikolog anak?

Kebanyakan orang tua secara spontan akan berusaha megghentikan kebiasaan tersebut dengan beragam cara termasuk memarahinya. Masalahnya sering kali si kecil pun tidak memahami kenapa dia melakukan hal itu. Dorongan untuk mengigit kuku bisa muncul begitu saja tanpa disadari mereka, sehingga memarahi atau bahkan menghukum si kecil malah dapat memperburuk keadaan.

Saat aktivitas tersebut dilakukan si kecil hanya diwaktu tertentu saja dan tidak mengganggu aktifitas lainya, para ahli cenderung merekomendasikan ayah bunda untuk membiarkan karena umumnya kebiasan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Mencari penyebab dan mencoba menghilangkan kebiasaan si kecil yang suka mengigit kuku mungkin tidak mudah, salah satu penyebabnya karena si kecil belum bisa mengekspresikan perasaanya melalui komunikasi verbal sehingga tidak jarang sebagai orang tua kita kesulitan untuk mengungkap perasaan si kecil.

Baca juga: 8 Cara mengatasi anak yang susah makan

Tips mengatasi kebiasaan menggigit kuku si kecil

Saat kebiasaan tersebut sedemikian parah hingga mengaggu aktifitas makan atau bahkan hingga menimbulkan luka ada jari tangan, ada beberapa tips yang dapat ayah bunda lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaanya tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Beri peringatan lembut. Saat si kecil mulai mengigit kukunya, ingatkan dengan lembut untuk menghentikan aktivitasnya, atau berikan kode khusus misalanya dengan gelengan kepala ayah bunda agar ia tidak merasa dipermalukan. Menghardik atau menarik tangan si kecil dengan kasar apalagi di tempat umum adalah cara yang kurang bijak.

2. Berikan pengalih. Memberikan si kecil benda pengalih untuk dipegang seperti bola kecil, gelang karet, play doh atau mainan kecil lainya. Benda-benda tersebut mumnya dapat mengurangi kebiasaan mereka menggigit kukunya. Tehnik ini juga sering diterapkan pada anak remaja atau dewasa yang mengalami kondisi serupa.

3. Potong kuku. Menjaga agar kuku si kecil selalu pendek terpotong rapih dapan mengurangi kebiasaan mengigit kukunya.

Baca juga: 3 Tips mengatasi susah BAB pada balita

4. Pakaikan sarung tangan. Mengenakan sarung tangan kain yang bersih dapat mempersulit si kecil mengakses kukunya sehingga harapanya dapat mengurangi kebiasaan mereka.

Kapan harus menghubungi ahli?

Saat aktifitas menggigit kuku si kecil sedemikian intens sehingga menganggu aktifitas lainya, ayah bunda dapat mendatangi dokter atau psikolog anak yang biasa menangani kondisi serupa. Kebiasaan mengigit kuku sebagaimana halnya menghisap jari atau mengigit rambut adalah permasalahan psikologis bukan medis.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru