09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mengatasi gatal biduran pada anak balita

KategoriKesehatan
Di lihat43080 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara mengatasi biduran si kecil

Biduran atau secara medis dikenal dengan istilah urtikaria adalah kondisi yang ditandai dengan kulit memerah, bentol, disertai dengan gatal. Bentol-bentol akibat urtikaria dapat terjadi diseluruh bagian tubuh dengan ukuran beragam mulai dari setengah inchi hingga beberapa inchi dan biasanya akan menghilang setelah beberapa jam.

Para ahli menyimpulkan gejala bentol-bentol yang disertai dengan gatal tersebut muncul saat pembuluh darah kapiler pecah dan melepaskan molekul histamin yang memicu pembengkakan berupa bentol-bentol disertai sensasi gatal. Kondisi bentol biasanya akan menyebar saat digaruk karena molekul histamin juga ikut menyebar.

Baca juga: 3 Resep jus penambah berat badan balita

Penyebab biduran pada anak balita

Hampir 20 persen orang dinyatakan pernah mengalami biduran. Umumnya kondisi tersebut dikaitkan dengan reaksi alergi yang penyebabnya dapat berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainya. Berikut adalah beberapa penyebab yang sering memicu kondisi tersebut.

1. Makanan. Jenis makanan tertentu dapat memicu reaksi alergi yang salah satu gejalanya adalah biduran. Beberapa jenis makanan yang paling sering menimbulkan gejala alergi adalah susu, kacang, kerang, telur, ikan, kedelai, coklat, stroberi, dan udang.

2. Obat-obatan. Jenis antibiotik adalah yang paling sering menyebabkan reaksi alergi dibanding dengan kelompok lainya. Ibuprofen, obat yang digunakan sebagai penurun panas serta peradangan adalah jenis lain yang sering dilaporkan memicu gejala alergi pada beberapa orang.

3. Gigitan serangga. Jika si kecil mengidap alergi semut atau serangga lainya, mereka akan mengalami gejala gatal-gatal disertai bentol saat terserang gigitan serangga tersebut.

Baca juga: Pertolongan pertama luka bakar pada balita

4. Panas atau dingin. Pemicu lain dari kondisi biduran adalah kondisi panas atau dingin berlebih. Misalnya saat si kecil berkeringat dan kepanasan disiang hari yang terik apalagi saat mengenakan pakaian dari jenis bahan yang kurang menyerap keringat.

5. Pemicu lainya. Beberapa anak akan mengalami reaksi alergi jika terpapar, polen bunga, ulat bulu, karet, dan bahan kimia tertentu. Infeksi jenis virus tertentu juga diduga menjadi pemicu munculnya biduran pada anak balita.

Cara mengatasi biduran si kecil

Untuk meredakan gatal yang muncul akibat biduran, ayah bunda dapat memberikan si kecil losion kalamin. Selain losion kalamin, pasta oatmeal juga dapat digunakan untuk meredakan gatal dan kemerahan dikulit si kecil.

Baca juga: Tips mengelola alergi makanan

Hindari menggaruk bagian yang gatal karena dapat menyebabkan penyebaran gatal dan bentol. Pastikan kuku tangan si kecil dipotong pendek untuk mengurangi dampak garukan. Untuk kondisi yang sangat menganggu sehingga menyebabkan si buah hati tak bisa tidur, dokter biasanya akan meresepkan obat antihistamin oral. Jenis obat ini cukup efektif meredakan gatal-gatal namun memiliki efek samping menyebabkan kantuk.

Obat antihistamin dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter namun ada baiknya jika ayah bunda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan penyebab serta dosis tepat obat untuk si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru