09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mengatasi gejala morning sickness pada ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat388 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips mengatasi mual muntah selama kehamilan

Morning sickness adalah gejala paling umum dari kehamilan. Menurut statistik, 2 dari 3 wanita hamil mengalami gejala ini. Morning sickness ditandai dengan munculnya rasa mual yang hebat dan bahkan pada beberapa ibu hamil disertai muntah. Disebut morning sickness karena rasa mual tersebut memang biasanya datang di pagi hari.

Baca juga: Panduan aman membedong bayi

Mual yang dirasakan ibu hamil ini bisa juga datang di waktu yang lain, bahkan pada beberapa kasus, morning sickness bisa berlangsung  sepanjang hari. Berita baiknya, gejala ini umumnya berakhir setelah trimester pertama. Namun, selama ia berlangsung, tubuh ibu bisa menjadi lemas dan lesu.

Yang dapat memperparah morning sickness

Pada beberapa ibu hamil, kondisi morning sickness bisa diperparah oleh bau-bauan yang kuat, bahkan, aroma-aroma biasa, seperti bau makanan tertentu yang berbau tajam atau aroma tubuh pasangan juga bisa memicu rasa mual pada ibu hamil.  Karena itu, hindari makanan dan minuman yang beraroma tajam, seperti kopi, terasi, dan durian. Makanan berlemak juga dapat memperparah gejala ini. Jenis makanan berlemak lebih lama dicerna oleh tubuh daripada makanan lain.

Baca juga: 5 Minuman terlarang untuk bayi

Mengatasi morning sickness

  • Bila merasa mual di saat bangun tidur di pagi hari, beri cukup waktu bagi tubuh bunda untuk menyesuaikan diri dan biasakan untuk bangun dari tempat tidur secara perlahan.
  • Pilihlah makanan tinggi karbohidrat. Makanan berkarbohidrat tinggi yang kering dan tidak berasa kuat seperti biskuit atau roti bisa menjadi pilihan untuk meminimalisir dampak morning sicness.
  • Konsumsilah makanan dan minuman dalam keadaan dingin karena biasanya makanan tidak terlalu beraroma pada kondisi dingin.
  • Tetap minum cukup air, terutama air putih. Teguklah minuman sedikit demi sedikit namun sering, lebih direkomendasikan daripada meneguknya banyak-banyak sekaligus.
  • Perut yang kosong dapat menyebabkan rasa mual menjadi lebih parah. Karena itu, jaga supaya perut tetap terisi sedikit makanan dengan makan seporsi kecil snack sehat setiap beberapa waktu.

morning sickness vs. nutrisi janin

Gejala morning sickness ringan tidak akan terlalu berpengaruh pada asupan nutrisi bagi janin. Bunda masih bisa memakan sedikit makan dan camilan sehat setiap beberapa waktu, seperti buah-buahan, yogurth rendah lemak, ataupun biskuit dengan keju rendah lemak. Bila ibu mengalami morning sickness yang parah dan merasa sangat terganggu karenanya, hubungi dokter kandungan untuk memperoleh saran yang tepat.

Baca juga: Tips agar si kecil suka makan sayur

Beberapa ibu khawatir dengan muntah yang dapat mempengaruhi kesehatan janin. Kabar baiknya, sekalipun bunda merasakan bahwa perut tertarik-tarik dengan kuat ketika muntah, si kecil akan tetap aman di dalam rahim. Namun, bila bunda muntah dengan hebat sehingga tidak bisa makan, asupan nutrisi bagi janin mungkin menjadi berkurang kurang. Bila ini terjadi, segera berkonsultasi dengan ahli untuk memanttau kehamilan bunda. Dokter mungkin akan menganjurkan bunda dirawat selama satu atau dua hari di rumah sakit untuk memperoleh asupan nutrisi dan cairan melalui infus.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru