09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mengelola penyakit asma selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat564 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

yang harus dilakukan saat ibu hamil asma

Masa kehamilan adalah masa dimana bunda harus ekstra hati-hati dalam hal melakukan aktifitas fisik, memilih jenis makanan, sampai mengkonsumsi obat-obatan tertentu, karena apa yang bunda lakukan dan konsumsi selama masa kehamilan akan berdampak pada si janin. Termasuk diantaranya saat bunda bernafas, oksigen yang bunda hirup akan berdampak pada perkembangan janin yang ada dalam rahim bunda.

Baca juga: Tips merawat bayi yang mengalami flu

Serangan asma berkaitan dengan kesulitan bernafas, dan jika terjadi pada ibu hamil tanpa penanganan serius, kondisi ini dihawatirkan dapat mempengaruhi pertumbuhan si kecil, mengingat kebutuhan oksigen si janin masih diperoleh dari tubuh bunda. Janin yang mengalami kurang asupan oksigen selama kehamilan berpotensi mengalami kelahiran prematur, berat badan dibawah standar, dan terganggunya pertumbuhan fisik mereka.

Resiko serangan asma dan kehamilan

Saat bunda mengalami asma, ada resiko bunda mengalami serangan asma yang semakin memburuk semala masa kehamilan. Menurut para ahli, resiko tersebut terjadi terutama saat usia kehamilan bunda menginjak antara 17 sampai dengan 36 minggu. Seiring dengan berambahnya usia kandungan, si janin akan bertambah besar, hal ini dapat menimbulkan tekanan serta secara langsung dapat mengurangi ruang gerak diagfragma bunda. Kondisi ini dapat meningkatkan resiko kesulitan bernafas akibat asma pada ibu hamil.

Baca juga: Info seputar infeksi telinga pada bayi

Pengobatan asma selama kehamilan

Jenis obat yang diperuntukan untuk meredakan atau mencagah serangan asma umumnya aman digunakan oleh ibu hamil. Bunda yang mengidap asma dan sedang merencanakan kehamilan atau bahkan sedang dalam kondisi hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait cara pengendalian serangan asma terutama pada masa kehamilan. Jika asma yang dialami dipicu oleh jenis alergi tertentu, dokter biasanya akan meresepkan jenis obat khusus untuk mengontrol serangan alergi tersebut.

Pantangan dan anjuran bagi ibu hamil yang mengidap asma

Baca juga: 5 Gejala saat bayi harus dibawa kedokter

  • Saat dokter meresepkan obat untuk mengontrol serangan asma, pastikan bunda untuk mengikuti jadwal pengunaan obat secara disiplin.
  • Hindari merokok atau asap rokok, selain beresiko memicu serangan asma, asap rokok juga berbahaya bagi perumbuhan janin.
  • Gunakan inhaler dengan benar. Sekitar 90 persen penderita asma menggunakan inhaler dengan cara yang kurang tepat. Minta dokter atau tenaga medis untuk menunjukan cara yang benar dalam menggunakan inhaler.
  • Lakukan pemeriksaan rutin seputar kondisi asma ibu hamil setiap 4-6 pekan selama masa kehamilan.
  • Temui dokter saat ibu dengan kondisi asma merencanakan kehamilan, untuk mendiskusikan cara terbaik mengelola asma selama masa kehamilan.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru