09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips menghadapi kehamilan di usia 35 tahun keatas

KategoriKehamilan
Di lihat1391 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana cara mempersiapkan kehamilan diatas usia 35 tahun?

Saat usia bunda menginjak 35 – 40 tahunan, secara medis bunda masih diperbolehkan mengandung namun harus dalam pengawasan yang lebih intensif. Ahli kandungan menggolongkan kehamilan diusia tersebut sebagai kehamilan beresiko tinggi, meski demikian, selama bunda menjaga kesehatan dan asupan nutrisi, si kecil dapat lahir dengan sehat tepat pada waktunya.

Baca juga: Cara penyakit mata ditularkan pada si kecil

Tips aman hamil diatas usia 35

1. Rutinkan pertemuan dengan dokter. Sebaiknya bunda mulai memeriksakan kondisi saat sedang merencanakan kehamilan. Dokter biasanya akan melakukan beberapa tes untuk memastikan bahwa tubuh bunda siap menjalani kehamilan. Serangkaian tes tersebut dilakukan untuk memastikan keselamatan bunda dan si janin hingga tiba saatnya persalinan.

2. Konsumsi suplemen vitamin kehamilan. Saat bunda dinyatakan hamil, dokter akan merekomendasikan beragam jenis makanan yang bagus dikonsumsi ibu hamil. Dokter juga umumnya akan meresepkan suplemen kehamilan yang terdiri dari vitamin dan mineral, termasuk sidalamnya asam folat. Seorang wanita yang hamil diusia produktif setidaknya memerlukan 400 mikrogram asam folat yang biasanya sudah terhandung dalam suplemen kehamilan.

Memastikan kesehatan kandungan

1. Periksakan kandungan secara rutin. Sebagaimana disebutkan di atas, kehamilan di usia 35-40 an, dikategorikan kedalam kehamilan beresiko tinggi, sehingga memeriksakan kandungan secara rutin menjadi penting dilakukan. Proses bukan hanya dilakukan untuk memastikan kesehatan bunda saja, namun juga si janin.

Baca juga: Tanda si kecil mengalami infeksi telinga

2. Konsumsi makanan sehat. Memastikan angka kecukupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi adalah hal vital untuk ibu hamil. Menurut pakar kehamilan, rata-rata ibu hamil memerlukan 300 kalori lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang sedang tidak hamil. Hindari junk food, kurangi konsumsi minuman berkafein termasuk kopi. Beberapa penelitian menghubungkan konsumsi kafein diatas 500 mg pada ibu hamil dengan gangguan kesehatan janin saat persalinan.

3. Atur berat badan diangka normal. Ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter selama persiapan kehamilan mengenai berat badan ideal untuk mempersiapkan kehamilan. Menjaga berat badan di angka normal dapat menurunkan resiko kelahiran prematur pada janin disamping menurunkan resiko komplikasi selama masa kehamilan seperti tekanan darah tinggi.

4. Olahraga secara teratur. Manfaat berolah raga juga dirasakan oleh ibu hamil yang beberapa diantaranya dapat menjaga berat badan ideal saat hamil, terhindar dari stress, dan menjaga kekuatan tubuh. Pilih jenis olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil seperti yoga, pilates, atau hanya sekedar jalan santai disekitar rumah.

Baca juga: Penanganan pertama saat anak digigit binatang

5. Hindari pola hidup tidak sehat. Hindari rokok dan asap rokok, junk food, dan kebiasaan bergadang. Berhati-hati saat akan mengkonsumsi obat-obatan, bahkan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum ibu hamil mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru