09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mengolah buah-buahan untuk anak bayi

KategoriBayi
Di lihat4373 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips mengolah buah untuk bayi

Menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah bisa dikenalkan dengan beragam jenis makanan melalui makanan pendamping ASI (MPASI). Para ahli merekomendasikan jenis makanan yang mengandung cukup zat besi seperti daging sapi, daging unggas, atau ikan yang sudah dihaluskan, tahu yang sudah dimasak, serta kacang-kacangan. Disamping jenis makanan tadi, ayah bunda dapat memberikan buah-buahan baik berupa buah segar atau yang dikukus.

Baca juga: 7 Cara mendisiplinkan anak tanpa kekerasan

Sayuran sebaiknya diberikan terlebih dahulu sebelum buah-buahan karena bila kita memberikan buah-buahan dulu si kecil akan terbiasa dengan rasa manis, hal ini dikhawatirkan membuat si buah hati menolak sayuran yang umumnya memiliki rasa tidak semanis buah-buahan. Saat ayah bunda memberikan mereka buah-buahan, jangan berhenti memberikan sayuran supaya si kecil terbiasa makan sayuran maupun buah-buahan.

Cara mengenalkan buah pada bayi

Perkenalkan satu jenis buah dalam satu waktu supaya tidak membingungkan indra pengecap mereka, biarkan lidah mereka terbiasa dengan tekstur dan citarasa buah tersebut sebelum bunda memberikan jenis buah lainya. Jangan lupa mengolah dahulu buah-buahan dengan cara mengukus dan kemudian dihaluskan atau dibuat bubur. Pastikan untuk hilangkan kulit dan biji buah-buahan sebelum diolah.

Buah-buahan yang bisa diberikan pada si kecil diantaranya adalah apel, pir, peach, aprikot, pisang, dan alpukat. Kenalkan buah-buahan secara individual dahulu, baru kemudian coba campuran beberapa buah-buahan, misalnya apel dengan pir atau peach dengan aprikot. Jenis buah yang memiliki rasa asam cukup tinggi seperti stroberri, sebaiknya diberikan saat mereka menginjak usia 12 bulan, beberapa bayi juga dapat menunjukkan reaksi alergi terhadap stroberi, jadi berikan dalam porsi kecil saat mereka mengkonsumsi untuk yang pertamakali.

Baca juga: Inilah resep jus penambah berat badan untuk anak

Selain kaya akan vitamin dan mineral, buah-buahan juga kaya aka serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan mereka. Buah (dan sayuran) bagus diberikan pada si kecil yang mengalami sembelit atau susah BAB.

Tips mengolah buah untuk si kecil

Pertama, kupas dan potong-potong buah yang akan dimasak. Letakkan buah pada panci yang diberi 2-3 sendok teh air. Tutup panci dan didihkan air. Bila air sudah mendidih, kecilkan api dan tunggu hingga buah-buahan matang dan melunak. Sebagai alternatif, bunda bisa meletakkan buah-buahan di mangkuk khusus microwave bersama air, kemudian masak dalam microwave selama 1 hingga 2 menit. Bila merebus buah-buahan, perhatikan untuk hanya menambahkan sedikit air, cukup untuk menghindari buah menempel pada panci. Hal ini untuk menghindari vitamin dan mineral pada buah-buahan hilang dan terlepas ke air.

Setelah itu, gunakan food processor atau blender untuk menghaluskan buah-buahan. Jenis makanan yang lebih lembek dapat dihancurkan dengan bantuan garpu. Untuk menyesuaikan kepekatan bubur buah-buahan tambahkan air sisa perebusan (bukan air biasa). Hal ini untuk memaksimalkan kandungan vitamin dari buah-buahan. Saring agar teksturnya konsisten.

Baca juga: 8 Tips sederhana agar si kecil aktif bergerak

Pada awalnya, buah-buahan yang disajikan untuk bayi memang harus dihaluskan. Namun, saat si kecil sudah mulai terbiasa dengan tekstur makanan dan seiring dengan bertambahnya usia mereka, berpindahlah ke tekstur yang lebih kasar untuk melatih perkembangan otot mulut si kecil. Hal ini bagus dilakukan untuk mempersiapkan bayi agar mereka belajar mengunyah makanan.

 

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru