09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips merawat bayi yang terkena serangan flu

KategoriBayi
Di lihat10039 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

langkah untuk meredakan flu pada bayi

Penyakit flu dapat menyerang siapa saja termasuk ayah bunda dan si kecil, bayi yang terinfeksi virus influenza biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, hidung mampet, atau hidung meler, dan sakit sendi. Dibandingkan dengan pilek, flu dinilai lebih berat dan dapat membahayakan si kecil.

Baca juga: Tips traveling udara bersama si kecil

Tanda-tanda bayi terserang flu

Saat si buah hati mulai terserang virus influenza, umumnya mereka akan mengalami demam dengan suhu badan sekitar 38.3 derajat Celcius. Tanda lain yang sering muncul, mereka nampak lebih rewel dari biasanya karena merasa terganggu dengan gejala sakit otot, letih, hidung meler, atau batuk kering.

Jika gejala hidung mampet atau batuk muncul lebih dulu sebelum demam, kemungkinan besar si kecil mengalami pilek bukan flu. Bayi yang terserang flu dapat menunjukan gejala menurunnya nafsu makan, serta diare dan muntah, meski dua gejala terakhir cukup jarang terjadi.

Tindakan bunda saat si kecil terkena flu

Ketika si kecil berusia dibawah 5 bulan dan ia juga mengidap gangguan kesehatan akut seperti diabetes, atau asma, dan ia menunjukan gejala flu, segera temui dokter. Si kecil dengan kondisi tersebut lebih beresiko mengalami komplikasi serius dari sakit flu.

Baca juga: Info seputar eksim pada balita

Jika si kecil sudah berusia diatas 5 bulan dan tidak mengalami gangguan kesehatan serius sebagaimana disebutkan di atas, ayah bunda dapat merawat si kecil dirumah dengan memberikan cukup asupan cairan dan istirahat. Ayah bunda juga dapat berkonsultasi dengan dokter jika si kecil tidak bisa istirahat karena gejala batuk atau hidung tersumbat.

Tips merawat bayi yang terkena flu

Yang terpenting saat mereka terserang flu adalah memastikan agar mereka cukup istirahat dan mendapat cukup asupan cairan terutama ASI. Ayah bunda dapat menawarkan sup hangat untuk meredakan ketidaknyamanan si kecil akibat peradangan pada daerah tenggorokanya.

Jika memang diperlukan, ayah bunda dapat memberikan obat penurun panas atau pereda rasa sakit melalui resep dokter. Umumnya dengan perawatan ayah bunda di rumah, penyakit flu ringan dapat hilang dengan sendirinya setelah rata-tara 3 – 5 hari, meski sebagian yang mengalami batuk dapat bertahan selama sekitar 2 mingguan atau lebih.

Baca juga: Bahaya konsumsi gula berlebih pada si buah hati

Kapan harus membawa si kecil ke dokter?

Meski sebagian jenis flu umumnya dikategorikan penyakit ringan, sebaiknya ayah bunda tetap waspada saat si kecil menunjukan gejala-gejala flu. Segera bawa si kecil ke rumah sakit terutama saat mereka mengalami:

  • Batuk yang tidak membaik setelah satu pekan
  • Bayi dibawah 3 bulan dan mengalami demam dengan suhu 38 derajat Celcius atau lebih
  • Bayi usia 3-6 bulan dan mengalami demam dengan suhu 38.3 derajat Celcius atau lebih
  • Bayi usia 6 bulan keatas dan mengalami demam dengan suhu 39.4 derajat Celcius atau lebih
  • Bayi nampak kesulitan bernafas atau nampak sakit telinga yang umumnya ditandai dengan upaya si kecil yang menarik-narik daun telinganya dan nampak lebih rewel dari biasanya
  • Bayi menunjukan gejala-gejala dehidrasi
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru