09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Tips mudah cegah flu pada bayi dan balita

KategoriKesehatan
Di lihat5908 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips untuk ayah bunda agar si kecil terhindar dari flu dan pilek

Bayi dan balita sangat rentan terserang flu. Kondisi ini tidak mengherankan mengingat sistem imun anak-anak belum berkembang sempurna. Ditambah lagi, bayi dan balita suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya dan belum bisa menjaga kebersihan badannya. Hal ini biasanya bertambah parah bila si kecil dititipkan di penitipan anak karena ia mungkin tertular oleh anak lain yang sedang terserang flu.

Baca juga: Tips menjaga kebersihan badan si buah hati

Gejala flu pada bayi dan balita

Flu pada bayi dan balita biasanya ditandai oleh beberapa hal. Pertama, nafsu makannya menurun. Si kecil yang mengalami sakit tenggorokan karena flu biasanya menolah untuk makan atau minum susu. Bayi yang menolak diberi ASI atau susu formula sebaiknya segera dibawa ke dokter karena kondisi ini bisa mengakibatkan dehidrasi yang berbahaya bagi si kecil.

Kedua, bayi yang terserang flu bisa jadi suka menarik-narik telinganya. Infeksi bakteri flu bisa juga menyerang bagian telinga dan menimbulkan infeksi. Biasanya, si kecil menarik-narik telinga yang terinfeksi karena rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Ketiga, si kecil mungkin batuk-batuk dengan suara serak. Bila hal ini terjadi, apalagi bila si buah hati sampai sulit bernafas, sebaiknya segera hubungi dokter supaya ia memperoleh perawatan medis yang tepat.

Tips agar si kecil terhindar dari flu

Meskipun infeksi saluran pernafasan atas atau flu sangat lazim terjadi pada anak-anak, bunda pasti ingin melindungi si kecil dari serangan penyakit yang sangat mengganggu ini. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah serangan flu pada bayi dan balita:

Baca juga: Tips mengatasi si kecil yang susah makan

  • Pastikan si kecil cukup tidur. Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem imun yang bertugas untuk menangkal serangan virus dan bakteri.
  • Beri si kecil ASI eksklusif bila memungkinkan dan pastikan bayi yang sudah lebih besar dan balita mengkonsumsi makanan-makanan kaya nutrisi, seperti sayur dan buah, ikan, daging, produk-produk susu, dan telur, tentunya dalam porsi yang dianjurkan pada setiap tahapan usia anak.
  • Cucilah tangan bunda dan si kecil setiap selesai beraktivitas, ketika akan tidur, dan sebelum makan. Jangan lupa juga untuk mengingatkan anggota keluarga lain yang sering berhubungan dengan si kecil untuk mencuci tangan dengan baik.
  • Pastikan udara di rumah bersih dan segar, serta jauhkan si kecil dari asap rokok. Lebih baik lagi bila seluruh anggota keluarga menghentikan kebiasaan merokok yang merugikan kesehatan.

Bila si kecil biasa dititipkan di penitipan anak, pastikan si kecil benar-benar sembuh sebelum dibawa kembali ke sana. Bila mungkin, beri waktu 1 atau 2 hari setelah si kecil sembuh untuk memastikan ia benar-benar dalam kondisi fit sehingga tidak beresiko terserang flu kembali. Apabila hal ini tidak memungkinkan, misalnya karena bunda adalah ibu yang bekerja, tak perlu cemas. Asalkan si kecil tidak sedang demam atau diare, biasanya tak ada yang perlu dikhawatirkan bila harus meninggalkannya di penitipan anak.

Baca juga: Manfaat sehat pijat bayi

Tips lain, simpan termometer di rumah untuk mengecek suhu tubuh si kecil ketika sedangĀ  terserang demam. Biasanya dokter anak akan menanyakan berapa suhu si kecil sebagai bahan diagnosa. Perhatikan juga jumlah popok kotor yang dihasilkan si kecil dalam sehari karena hal ini bisa menjadi indikasi bila si kecil mengalami dehidrasi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru